Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Video HD di WhatsApp untuk HP Android

Kompas.com - 08/09/2023, 18:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis fitur kirim foto dan video dengan kualitas High Definition (HD) alias resolusi tinggi ke seluruh pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba ke pengguna versi beta.

Pantauan KompasTekno, fitur kirim foto/video HD sudah muncul di WhatsApp Android versi 2.23.17.80 dan iOS versi 2.23.16.78.

Hadirnya dukungan kirim foto dan video HD juga sudah dikonfirmasi WhatsApp melalui juru bicaranya. Selain itu, WhatsApp juga memamerkan fitur tersebut melalui media sosial Threads.

"Fitur foto HD dan video HD sudah diluncurkan secara global," kata juru bicara WhatsApp, Ellie Heatrick, dikutip KompasTekno dari The Verge.

 

Baca juga: Fitur Kirim Video Berkualitas HD Resmi Hadir di WhatsApp

Sebelumnya, kualitas foto maupun video yang dikirimkan lewat WhatsApp akan diturunkan atau dimampatkan (compressed) dari kualitas aslinya.

Dengan begitu, media foto atau video dari WhatsApp terkadang kurang jelas atau resolusinya pecah. Untuk video misalnya, resolusinya bisa diturunkan menjadi 480 x 864 piksel.

Agar tetap bisa mengirim video berkualitas tinggi, pengguna kerap mengakalinya dengan mekanisme kirim foto dan video melalui fitur dokumen di WhatsApp.

Nah, dengan dukungan resolusi HD, video yang akan dikirimkan lewat WhatsApp akan memiliki resolusi lebih tinggi dari sebelumnya, yakni 1.280 x 720 piksel alias HD. Jadi, kualitasnya akan lebih baik dibanding sebelumnya.

Dengan fitur kirim foto/video HD pula, pengguna tak perlu lagi mengakali resolusinya lewat fitur dokumen. Lantas bagaimana cara kirim video HD di WhatsApp?

Cara kirim video HD di WhatsApp

Secara umum, cara kirim video HD di WhatsApp sama seperti saat pengguna mengirimkan video biasa. Hanya saja, ada tahapan tambahan untuk memilih resolusi HD sebelum video dikirim.

Video berkualitas HD juga bisa dikirimkan pengguna lewat chat pribadi maupun grup WhatsApp. Berikut tahapannya:

  • Pastikan aplikasi WhatsApp sudah diperbarui (update) ke versi terbaru
  • Dari laman chat pribadi atau grup WhatsApp, pilih tombol lampiran yang ditandai dengan ikon klip.
  • Klik ikon galeri agar Anda diarahkan ke pustaka galeri untuk memilih foto/video.

Cara kirim foto/video HD di WhatsAppKompas.com/Lely Maulida Cara kirim foto/video HD di WhatsApp

  • Anda juga bisa memakai kamera WhatsApp untuk mengambil foto atau video langsung yang mungkin tidak ada di galeri.
  • Setelah memilih konten yang diinginkan, Anda akan diarahkan ke tampilan untuk mengedit konten. Dari sini, pengguna bisa memilih resolusi yang diinginkan.
  • Klik opsi resolusi tinggi yang ditandai dengan ikon bertuliskan "HD".

Tampilan fitur kirim foto/video HD di WhatsAppKompas.com/Lely Maulida Tampilan fitur kirim foto/video HD di WhatsApp

 

  • Pilih HD untuk kualitas video atau foto yang tinggi.
  • Dalam laman itu pula pengguna bisa menambahkan teks dan lain sebagainya.
  • Klik tombol kirim.

Baca juga: WhatsApp iPhone Sudah Bisa Kirim Video HD, Begini Caranya

Karena resolusinya jadi lebih tinggi, ukuran foto/video HD yang dikirim lewat WA juga jadi lebih besar. Untuk itu, fitur HD bersifat opsional bagi pengguna yang ingin memakainya, bukan menjadi pengaturan default.

Nantinya, foto/video yang dikirimkan dengan resolusi tinggi juga akan ditandai dengan label "HD".

Penambahan embel-embel “HD” tersebut bertujuan untuk memberi tahu pengguna WhatsApp bahwa video yang dikirim sudah berkulitas HD, lebih jernih dan jelas ketimbang video “reguler”.

Meskipun sudah dirilis ke seluruh pengguna, bukan tidak mungkin masih ada beberapa yang belum mendapatkan fitur ini. Apabila Anda termasuk yang belum kebagian, cukup bersabar dan selalu memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com