Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Tanda “Kali” pada Status WhatsApp, Bagaimana Bisa Muncul?

Kompas.com - Diperbarui 06/09/2023, 10:44 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir ini, ramai di media sosial pembicaraan mengenai kemunculan tanda “kali” atau “x” pada status WhatsApp. Keramaian pembicaraan itu muncul salah satunya lewat twit dari akun base dengan handle @tanyarlfes.

Dalam twit yang diunggah pada Sabtu (2/9/2023), pengirim mengatakan, aplikasi WhatsApp semakin jelek setelah diperbarui. Pengirim juga menyertakan tangkapan layar yang berisi tampilan status WhatsApp.

Baca juga: Cara Mengetahui Orang Sedang Telepon di WhatsApp dengan Mudah

Pada tangkapan layar itu, tampilan status WhatsApp terlihat memiliki tanda baru, yaitu tanda “kali” atau tanda “X”. Adapun wujud tanda kali pada status WhatsApp yang lagi ramai dibicarakan adalah sebagai berikut.

Tampilan tanda x atau tanda kali status WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan tanda x atau tanda kali status WhatsApp.

Di kolom balasan twit tersebut, beberapa pengguna lain pun ada yang mengaku telah mendapatkan tanda baru itu pada status WhatsApp.Namun, tak sedikit juga pengguna yang mengatakan belum mendapatkan tanda kali pada status WhatsApp.

Melihat keramaian pembicaraan ini, lantas apa itu tanda kali status WhatsApp dan bagaimana bisa muncul? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai tanda kali status WhatsApp yang lagi ramai dibicarakan di medsos.

Arti tanda kali status WhatsApp

Tampilan pada salah salah satu fitur di status WhatsApp tampaknya telah mendapatkan pembaruan. Untuk diketahui, status WhatsApp punya fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat jumlah tayangannya.

Informasi jumlah tayangan status WhatsApp dulu ditandai tulisan “(jumlah) tayangan” atau “(jumlah) view”. Misalnya, “50 tayangan” atau “50 view”, yang maksudnya adalah status WhatsApp telah ditonton sebanyak 50 kali oleh 50 kontak yang berbeda.

Tanda tersebut kini telah diperbarui, bukan lagi bertuliskan “(jumlah) tayangan” atau “(jumlah) view”. KompasTekno pun telah mendapatkan pembaruan tampilan jumlah tayangan status WhatsApp.

Baca juga: 2 Cara Mematikan Data Hanya untuk WhatsApp dengan Mudah

Seperti yang tertera pada gambar di atas, jumlah tayangan status WhatsApp sekarang ditandai dengan tulisan “(jumlah)x dilihat”. Arti tanda kali status WhatsApp itu pada dasarnya sama seperti tanda yang lama.

 Tanda baru itu juga berfungsi untuk memberitahu jumlah tayangan status WhatsApp yang dibuat pengguna. Misalnya, jika terdapat tanda “50x dilihat” maka artinya status WhatsApp pengguna telah ditonton sebanyak 50 kali oleh 50 kontak yang berbeda.

Perlu diketahui, tanda kali tersebut bukan untuk menunjukkan berapa kali satu kontak melihat status WhatsApp yang dibuat pengguna. Tanda kali itu berfungsi untuk memberitahu jumlah tayangan status WhatsApp dari semua kontak yang melihatnya.

Ketersediaan tampilan jumlah tayangan status WhatsApp dengan tanda kali

Lalu, bagaimana tampilan jumlah tayangan status WhatsApp dengan tanda kali itu bisa muncul? Untuk memunculkan tanda tersebut, pengguna bisa klik status WhatsApp yang dibuatnya. Lalu, tanda kali bakal otomatis muncul untuk menunjukkan jumlah tayangan.

Tampilan baru jumlah tayangan status WhatsApp dengan tanda kali itu tampaknya telah dibagikan pada semua pengguna secara umum.

KompasTekno sudah mendapatkan tanda kali status WhatsApp itu di aplikasi WhatsApp iOS publik versi 23.17.78 dan aplikasi WhatsApp Android publik versi 2.23.17.80.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain padahal Tidak Telepon? Begini Penjelasannya

Bila belum mendapatkannya, kemungkinan besar tampilan baru jumlah tayangan status WhatsApp dengan tanda kali itu masih digelontorkan secara bertahap. Jadi, harap bersabar dan coba untuk memperbarui aplikasi WhatsApp di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com