Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seagate Rilis Hard Disk Eksternal Edisi Game "Starfield"

Kompas.com - 09/09/2023, 11:30 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber wccftech

KOMPAS.com - Lama ditunggu, game petualangan antariksa Starfield akhirnya resmi dirilis oleh Bethesda pekan ini. Bersamaan dengan itu, Seagate ikut merilis rangkaian game drive  bertema Starfield untuk Xbox.

Lini produk bernama Game Drive dan Game Hub Starfield Special Edition tersebut terdiri dari dua hard disk eksternal Game Drive, masing-masing berkapasitas 2 TB dan 5 TB, dan sebuah Game Hub alias hard disk eksternal berikut USB hub, berkapasitas 8 TB.

Baca juga: Game Starfield Bisa Dimainkan Gratis Pelanggan Xbox dan PC Game Pass

Game Hub yang memiliki konektor USB A dan C front facing dirancang untuk disandingkan dengan Xbox Series X/S dan memiliki kabel daya. Sementara, Game Drive bersifat portabel alias bisa dibawa-bawa dan tidak membutuhkan kabel daya.

Ketiganya mengusung tema warna Starfield dengan warna putih-merah, logo Starfield, dan lampu LED RGB di bagian bawah yang warnanya bisa diatur sesuai selera.

Game Drive Hub Starfield Special Edition kapasitas 2 TB (kiri), 5 TB (tengah), dan tampak belakangSeagate Game Drive Hub Starfield Special Edition kapasitas 2 TB (kiri), 5 TB (tengah), dan tampak belakang

Seagate sebenarnya telah mengumumkan Game Drive dan Game Hub edisi Starfield pada Juni lalu, tapi baru dirilis bulan September 2023, bertepatan dengan rilis gamenya.

"Game Drive dan Game Hub ini tersambung dan didukung dengan USB 3.2 Gen 1 berkecepatan tinggi," tulis Seagate dalam keterangan tertulis mengenai produk terkait.

Selain Xbox Series X/S terbaru, Game Drive dan Game Hub edisi Starfield dari Seagate dapat pula digunakan di PC, serta konsol Xbox One X dan Xbox One S.

Ironisnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCFTech, Sabtu (9/9/2023), game Starfield sendiri mesti dijalankan dari storage solid state drive (SSD) internal Xbox atau expansion card yang merupakan SSD pula.

Seagate Game Hub Starfield Special EditionSeagate Seagate Game Hub Starfield Special Edition

Begitupun di PC, di mana Starfield mensyaratkan penggunaan SSD.Karena itu, meskipun bertema Starfield, ketiga drive eksternal Seagate kemungkinan tak bisa menjalankan game tersebut.

Baca juga: Spesifikasi Minimum Main Starfield di PC, Wajib Pakai SSD

Namun setidaknya pengguna masih bisa menggunakan Game Drive dan Hub untuk memindahkan file game lain untuk mengosongkan ruang di SSD internal. Maklum, game Starfield terbilang cukup besar dengan ukuran instalasi mencapai 140 GB di Xbox Series X.

Seagate memasarkan Game Drive Starfield Special Edition seharga 110 dollar AS (sekitar Rp 1,7 juta) untuk versi 2 TB dan 170 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta) untuk 5 TB. Sementara, Game Hub edisi Starfield dijual seharga 240 dollar AS (sekitar Rp 3,7 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com