Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch Ultra 2 Resmi, Punya Layar Super Terang dan Double Tap berkat Chip S9

Kompas.com - 13/09/2023, 08:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain iPhone 15 series, Apple juga meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Apple Watch Ultra 2 dalam acara "Apple Event-Wonderlust" yang digelar pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Apple Watch Ultra 2 merupakan penerus Apple Watch Ultra yang dirilis pada September 2022.

Apple Watch Ultra 2 diposisikan sebagai smartwatch yang paling mumpuni di antara lini smartwatch Apple. Pasalnya, perangkat ini kini hadir dengan sejumlah peningkatan.

Misalnya, layar 49 mm Apple Watch Ultra 2 kini hadir dengan teknologi baru yang mendukung tingkat kecerahan (brightness) maksimum 3.000 nits. Layar ini 50 persen lebih terang dibandingkan Apple Watch Ultra 2022.

Selain itu,Apple Watch Ultra 2 memiliki layar yang paling terang yang pernah disematkan Apple di lini smartwatch miliknya.

Apple Watch Ultra 2 diotaki prosesor S9 SiP Apple. Chip ini didasarkan pada chip Apple Bionic A15 yang pertama kali dibenamkan di iPhone 13. Chip S9 SiP Apple ini membuat Apple Watch Ultra 2 disebut memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Daya tahan baterai smartwatch ini disebut-sebut mencapai 36 jam. Dengan mode daya rendah (lower-power mode), daya tahan baterai diklaim bisa diperpanjang hingga 72 jam.

Baca juga: iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Resmi, Debut USB-C, Bodi Titanium, dan Action Button

Layar 49mm Apple Watch Ultra kini mendukung tingkat kecerahan (brightness) maksimum 3.000 nits dan fitur double-tap.Apple Layar 49mm Apple Watch Ultra kini mendukung tingkat kecerahan (brightness) maksimum 3.000 nits dan fitur double-tap.
Berkat neural engine baru di chip S9, Apple Watch Ultra 2 mendukung asisten digital Siri. Mulai akhir tahun ini, Apple menyebut Siri bakal bisa memberikan akses ke data kesehatan pengguna berdasarkan riwayat di smartwatch.

Dengan chip S9 ini, smartwatch mendukung fitur double tap alias ketuk dua kali baru dari Apple, sebagai variasi dari AssistiveTouch Apple yang sudah ada.

Lewat fitur double-tap, pengguna bisa menjawab panggilan, menghentikan penghitung waktu, memutar musik, dan lainnya dengan mengetukkan jari telunjuk dan ibu jari secara bersamaan. Fitur ini akan tersedia bulan depan.

Smartwatch ini kini menjalankan WatchOS 10. Sistem operasi membawa perubahan besar untuk tampilan widget dan ikon aplikasi yang didesain ulang. Selain itu, WatchOS10 ini ini juga membawa fitur pemetaan dan berseta baru ke antarmuka jam tangan.

Apple Watch Ultra 2 turut mendukung tampilan jam "Modular Ultra", yang akan memanfaatkan sisi pinggir layar untuk menyajikan data real-time, termasuk detik, ketinggian, atau kedalaman.

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island

Apple Watch Ultra 2 memiliki tampilan jam Modular Ultra, yang akan memanfaatkan sisi pinggir layar untuk menyajikan data real-time, termasuk detik, ketinggian, atau kedalaman.Apple Apple Watch Ultra 2 memiliki tampilan jam Modular Ultra, yang akan memanfaatkan sisi pinggir layar untuk menyajikan data real-time, termasuk detik, ketinggian, atau kedalaman.
Apple Watch Ultra dirancang untuk pengguna yang gemar berolahraga ekstrem, seperti menyelam, misalnya. Apple Watch Ultra bisa diajak menyelam di laut hingga kedalaman 40 meter.

Apple mengatakan, Apple Watch Ultra 2 dirancang untuk kondisi ekstrem dan telah diuji untuk digunakan pada rentang ketinggian mulai dari 500 meter di bawah permukaan laut hingga 9.000 meter untuk mendaki puncak tertinggi di dunia.

Apple Watch Ultra 2 juga datang dengan speaker dan mikrofon yang ditingkatkan dalam skenario lingkungan yang bising, termasuk ada sirene 86 dB untuk meminta bantuan serta GPS yang disebut presisi.

Baca juga: Apple Watch Series 9 Meluncur, Punya Fitur Mirip Headset AR Vision Pro

Harga Apple Watch Ultra 2

Adapun harga Apple Watch Ultra 2 adalah 799 dollar AS atau sekitar Rp 12,2 juta. 

Smartwatch ini hadir dengan warna pita baru tersedia untuk Alpine Loop (biru, nila, zaitun), Trail Loop (oranye/krem, hijau/abu-abu, biru/hitam), dan Ocean Band (biru, oranye). Semua tali jam Apple Watch Trail Loop dan Alpine Loop baru bersifat netral karbon dan mengandung lebih dari 30 persen konten daur ulang.

Apple Watch Ultra 2 bisa dipesan mulai 12 September 2023 untuk pelanggan di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, India, Jepang, UEA, Inggris Raya, AS, dan lebih dari 40 negara dan wilayah lainnya.

Kemudian, Apple Watch Ultra 2 akan tersedia untuk dibeli di toko mulai Jumat, 22 September 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Apple Newsroom, Rabu (13/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com