Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Spectre Foldable Bisa Jadi PC Desktop, Laptop, dan Tablet Sekaligus

Kompas.com - 15/09/2023, 10:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tren layar lipat tidak hanya mengemuka di dunia smartphone saja, tapi juga merambah ranah laptop dan PC. Salah satu contohnya adalah Spectre Foldable PC yang baru diperkenalkan oleh HP.

Spectre Foldable PC merupakan perangkat "3-in-1" yang terdiri dari dua bagian utama, yakni layar yang sekaligus menyimpan komponen-komponen hardware serta keyboard wireless.

Layar sentuh OLED Spectre Foldable PC berukuran besar, 17 inci dengan resolusi 2.560 x 1.920 dan bisa dilipat di bagian tengah. Perangkat ini bisa berfungsi sebagai PC desktop, laptop, dan tablet sekaligs.

Baca juga: Jangan Terus-terusan Colok Charger ke Laptop, Begini Cara Mengecas yang Benar

Ketika ingin difungsikan sebagai tablet, pengguna cukup membentangkan layar ini secara penuh. Stylus yang ikut disertakan dapat digunakan sebagai alat input dan bisa disimpan dengan cara ditempelkan di samping perangkat.

Kickstand menopang HP Spectre Foldable PC saat digunakan sebagai PC Desktop. Keyboard dan stylis menempel dengan magnet serta di-charge secara wirelessHP Kickstand menopang HP Spectre Foldable PC saat digunakan sebagai PC Desktop. Keyboard dan stylis menempel dengan magnet serta di-charge secara wireless
Saat ingin menggunakannya sebagai komputer desktop, layar bisa ditopang dengan kickstand yang juga disediakan agar berdiri di atas meja, kemudian tinggal tambahkan keyboard. Spectre Foldable PC pun berubah jadi layaknya PC all-on-one.

Ketika akan bepergian, pengguna bisa langsung melipat layar Spectre Foldable PC dan menyelipkan keyboard di dalam lipatan layar. Keyboard akan otomatis melakukan charging.

Selanjutnya tinggal buka setengah lipatan layar untuk membuat Spectre Foldable PC berubah menjadi seperti laptop pada umumnya, dengan keyboard yang menutupi setengah layar bagian bawah.

Dalam mode ini layar Spectre Foldable PC yang

Keyboard diselipkan di antara lipatan layar untuk dibawa dan mengisi bateraiHP Keyboard diselipkan di antara lipatan layar untuk dibawa dan mengisi baterai
terlihat (tidak tertutup keyboard) berukuran kira-kira sebesar laptop 12 inci. Keyboard tidak jatuh karena menempel dengan magnet.

Uniknya lagi, keyboard bisa digeser lebih jauh ke bawah sehngga hanya menutupi seperempat layar untuk memberikan ruang lebih lega.

Cangkang Spectre Foldable terbuat dari bahan magnesium alloy. Di dalam unit display tertanam dua baterai sehingga distribusi beratnya seimbang ketika dilipat atau dibentangkan. Dengan kapasitas total 93 Wh, daya tahannya diklaim mencapai 12 jam 30 menit.

Baca juga: HP Omen Transcend 16 Rilis di Indonesia, Laptop Gaming Layar Mini LED

Hardware selebihnya mencakup prosesor Intel Core i7-1250U dengan grafis terintegrasi Iris Xe, RAM DDR5 16 GB, SSD PCIe NVMe 1 TB, webcam 5 MP, serta speaker Bang & Olufsen.

Engsel Spectre Foldable diklaim memiliki daya tahan sama dengan produk laptop-laptop lain dari HP dengan rating 25.000 kali buka-tutup.

Keunikan HP Spectre Foldable mesti ditebus dengan harga mahal. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Jumat (15/9/2023), laptop lipat ini dijual seharga 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 77 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com