Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads Versi Web Resmi Dirilis, Pengguna di Indonesia Sudah Bisa Coba

Kompas.com - 25/08/2023, 07:55 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Engadget

 

KOMPAS.com - Jejaring sosial baru milik Meta, Threads, akhirnya bisa diakses melalui web. Kehadiran Threads versi web untuk semua pengguna, diumumkan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui akun Threads miliknya, Jumat (25/8/2023).

Threads versi web bisa diakses melalui alamat Threads.net. Seperti diketahui, awalnya Threads Instagram hanya bisa diakses melalui aplikasi di Android dan iOS.

"Threads.net kini tersedia untuk semua orang. Beri tahu kami pendapat Anda," tulis Mosseri.

Pantauan KompasTekno, Jumat (25/8/2023), pengguna Threads di Indonesia juga sudah bisa mengakses Threads melalui tautan threads.net.

Jika sebelumnya tampilan yang muncul di halaman ini adalah kode QR untuk meminta pengguna mengunduh aplikasi, kini halaman tersebut menampilkan menu login.

Di menu utama, tampilan atas halaman login adalah logo Threads. Sementara itu, di bagian tengah, pengguna dapat memasukkan username (misal: teknokompas), e-mail, atau nomor ponsel yang terdaftar. Kemudian, ketik kata sandi (password) dan klik “Log in with Instagram”.

Desain dari menu utama Threads versi desktop sama dengan versi uji coba sebelumnya. Bahasa desainnya sama dengan tampilan versi mobile, namun, dengan ukuran yang lebih luas dan lega.

Tampilan Threads versi web tampak bersih dan minimalis. Timeline atau linimasa diposisikan di bagian tengah. Bagian sisi kiri dan kanan tampak kosong, hanya terdapat satu tombol untuk pengaturan preferensi timeline di bagian kiri bawah.

Jika dibandingkan dengan X Twitter versi web, tampilan Threads versi web ini jauh lebih minimalis. Di bagian atas hanya terdapat beberapa tombol yaitu home, search, post, notification, dan profil.

Melalui Threads versi web, pengguna juga bisa beinteraksi dengan pengguna lain, seperti menyukai postingan akun lain (Love), mengirimkan komentar (Reply), membagikan konten ulang (Repost), mengirimkan unggahan baru, mencari profil lain, mengecek notifikasi, membuka profil sendiri, hingga logout akun.

Baca juga: Threads Kehilangan Separuh Pengguna Harian sejak Pertama Dirilis

Menu utama Threads versi web yang mengadopsi bahasa desain seperti Threads versi mobile. Tampilannya didominasi oleh warna hitam dan putih, serta terlihat sangat minimalisKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Menu utama Threads versi web yang mengadopsi bahasa desain seperti Threads versi mobile. Tampilannya didominasi oleh warna hitam dan putih, serta terlihat sangat minimalis

Pengguna Threads juga dapat mengirim pesan melalui DM (Direct Message) di Instagram. Cara melakukannya sama seperti di Threads versi desktop. Kunjungi salah satu profil pengguna lain, klik ikon Instagram di bawah foto profil.

Threads akan mengarahkannya ke akun Instagram profil akun yang dipilih tadi. Klik “Message” untuk mengirim pesan melalui DM Instagram. Jika ingin kembali menggulir Threads, pengguna harus terlebih dulu kembali ke alamat website threads.net.

Pengguna juga dimungkinkan beralih ke tampilan Beranda mode “Following” atau “For You”. Mirip seperti Twittter.

Halaman “Following” menampilkan unggahan dari akun yang diikuti, sedangkan “For You” menggabungkan tampilan di “Following” disertai rekomendasi konten dari algoritma Threads.

Namun, sepengalaman KompasTekno, masih ada juga fitur yang belum tersedia. Salah satunya “Quote”, fiitur untuk membagikan ulang unggahan orang lain disertai dengan komentar.

Halaman:
Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com