Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Unik Samsung Galaxy Z Flip 5, iPhone Mana Bisa

Kompas.com - 15/09/2023, 19:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat (foldable phone) model clamshell membawa pengalaman menggunakan smartphone yang berbeda dengan ponsel Android pada umumnya bahkan iPhone.

Misalnya, pengguna bisa menggunakan ponsel dengan cara "didudukkan" 90 derajat menjadi mirip laptop mini, foto sendiri tanpa tripod, selfie kekinian dengan kamera belakang dengan preview (pratinjau), dan masih banyak lainnya.

Semua hal itu bisa kami rasakan ketika menggunakan ponsel lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 5 5G.

Selama beberapa waktu terakhir mengulik ponsel ini, KompasTekno menemukan lima fitur unik Galaxy Z Flip 5 yang tidak bisa ditemukan di iPhone atau smartphone Android konvensional lainnya. Apa saja?

1. Dual Camera

Fitur Flex Cam dan Dual Camera menjadi salah satu fitur unggulan Galaxy Z Flip 5. Penggabungan kedua fitur memungkinkan kamera menampilkan bidikan foto/video yang sama di layar sekunder dan utama sekaligusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Fitur Flex Cam dan Dual Camera menjadi salah satu fitur unggulan Galaxy Z Flip 5. Penggabungan kedua fitur memungkinkan kamera menampilkan bidikan foto/video yang sama di layar sekunder dan utama sekaligus
Anak muda generasi Z (Gen Z) sedang suka mengambil foto selfie menggunakan kamera utama atau kamera belakang, bukan kamera depan seperti biasanya. 

Galaxy Z Flip 5 memiliki keistimewaan ketika selfie dengan kamera belakang ini dibandingkan iPhone atau ponsel lain pada umumnya.  Hal itu dikarenakan Galaxy Z Flip 5 memiliki layar sekunder (cover screen) berukuran 3,4 inci lengkap dengan fitur Dual Camera.

Fitur Dual Camera memungkinkan pengguna Samsung Z Flip 5 melihat penampilan dirinya di cover screen 3,4 inci sekaligus layar utama 6,7 inci. Dengan begitu, pengguna bisa menyesuaikan angle hingga memasang pose atau ekspresi terbaiknya.

Pengguna tinggal menggunakan gestur membuka telapak tangan, sehingga pengguna tidak perlu menekan tombol apa pun untuk selfie. Hasil foto selfie atau video pun bakal bagus dan menarik.

Pengalaman selfie dengan kamera belakang dengan layar pratinjau tersebut tentu tidak bisa dirasakan di iPhone atau ponsel Android lainnya yang tidak memiliki cover screen.

Baca juga: Menjajal Selfie Kekinian Pakai Galaxy Z Flip 5, Lebih Gampang dan Banyak Angle Unik

2. Flex Cam

Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5
Samsung Z Flip 5 juga punya fitur Flex Cam untuk memperkaya pengalaman pengguna ketika berfoto ria. Dengan fitur FlexCam, pengguna dapat menekuk smartphone ini secara fleksibel mulai dari 10 hingga 150 derajat.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna bisa mengambil fotonya sendiri dari jarak jauh secara hands-free, tanpa meminta bantuan orang lain atau menggunakan tripod. Pasalnya, Galaxy Z Flip 5 bisa didudukkan atau diletakkan layaknya tripod.

Dengan Flex Cam, pengguna bisa mencari angle pengambilan foto yang lebih kreatif, tanpa harus melulu memegang gawai tersebut. Misalnya, pada gambar di bawah ini, kami melakukan selfie dengan kamera belakang Galaxy Z Flip 5.

Kami cukup menaruh ponsel dalam keadaan terlipat penuh di rerumputan, kemudian menggunakan gestur untuk mengambil gambar. Atau, kami bisa meletakkan Galaxy Z Flip 5 menyerupai V terbalik, dan mengambil foto secara hands-free, seperti gambar di samping.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Aneka Fitur Samsung Galaxy Z Flip 5 Lebih Mudah lewat Flex Window

3. Buka 3 aplikasi sekaligus di layar

Dengan fitur split screen dan pop-up view, pengguna bisa membuka lebih dari tiga aplikasi sekaligus di layar Galaxy Z Flip 5. Dalam gambar ini, kami membuka total lima aplikasi secara bersamaan, yakni Zoom, Samsung Notes, WhatsApp, galeri, dan kalkulator.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dengan fitur split screen dan pop-up view, pengguna bisa membuka lebih dari tiga aplikasi sekaligus di layar Galaxy Z Flip 5. Dalam gambar ini, kami membuka total lima aplikasi secara bersamaan, yakni Zoom, Samsung Notes, WhatsApp, galeri, dan kalkulator.
Samsung Galaxy Z Flip 5 bisa dimaksimalkan untuk produktivitas pengguna sehari-hari. Hal ini dimungkinkan berkat adanya fitur split screen menjadi dua bagian serta pop-up view (jendela mengambang di atas aplikasi lain).

Dengan kombinasi keduanya, pengguna bisa membuka lebih dari tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar Galaxy Z Flip 5. Misalnya, pengguna bisa membuka aplikasi Zoom, Samsung Notes, dan WhatsApp secara bersamaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com