Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arloji Pintar Apple Watch Series 9 Bisa Dikendalikan Tanpa Disentuh

Kompas.com - Diperbarui 19/09/2023, 06:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Arloji pintar (smartwatch) Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra generasi kedua yang dirilis pada Rabu (13/9/2023) dini hari waktu Indonesia, bisa dikendalikan tanpa perlu disentuh.

Kemampuan ini hadir berkat fitur “Double Tap” (Ketuk Dua Kali). Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan sejumlah kontrol di perangkat, hanya dengan mengetukkan jari.

Double Tap dapat dilakukan dengan mengetukkan ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan sebanyak dua kali. Gestur tersebut dipakai untuk mengaktifkan mode interaksi tanpa menyentuh layar secara langsung.

Lewat Double Tap, pengguna bisa menjawab panggilan suara, menghentikan penghitung waktu (stopwatch atau timer), memutar musik, menunda alarm, serta membidik kamera tanpa perlu menyentuh perangkat.

Kendati demikian, kontrol menggunakan gestur ini sejatinya bukan hal yang baru. Pada 2021, Apple memperkenalkan kontrol gestur serupa yang bernama Assistive Touch.

Baca juga: Apple Watch Series 9 Meluncur, Punya Fitur Mirip Headset AR Vision Pro

Bedanya, dengan fitur Double Tap pengguna cukup mengetukkan ibu jari ke jari telunjuk sebanyak dua kali. Sedangkan untuk menggunakan fitur Assistive Touch pengguna harus menggenggam telapak tangannya sebanyak dua kali untuk mengakses layar Apple Watch.

Meski mirip, fitur Double Tap dinilai lebih membantu pengguna dalam beberapa situasi. Misalnya, kedua tangan sedang kotor dan tidak dapat mengakses layar Apple Watch, pengguna dapat memanfaatkan fitur Double Tap untuk mengakses/mengerjakan sejumlah pekerjaan sederhana.

Cara kerja kontrol gestur Apple Watch Series 9

Menurut Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams, kemampuan mendeteksi gestur tidak terlepas dari chip yang dipakai untuk menunjang performa perangkat. Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 ditenagai oleh prosesor S9 SiP Apple.

Cara kerja fitur Double Tap di Apple WatchYoutube/Apple Cara kerja fitur Double Tap di Apple Watch

Chip ini dibuat berdasar Apple A15 Bionic yang disematkan di iPhone 13. Chip S9 Apple didukung system in package (SiP) dengan 60 persen transistor yang lebih banyak ketimbang chip S8.

Performa GPU dari chip tersebut diklaim lebih ngebut dibanding pendahulunya dan dibekali empat inti NPU. Selain itu, berkat neural engine yang baru di S9 SiP Apple, duo arloji pintar dapat mendeteksi gestur Double Tap yang baru.

“Gestur baru ini dapat dilakukan berkat neural engine di chip S9. Chip tersebut memproses data melalui accelerometer, gyroscope, dan sensor jantung optis yang ditingkatkan,” jelas Williams dalam acara Apple Event.

Williams juga mengungkapkan cara sistem mendeteksi gestur tangan pengguna. Chip S9 menggunakan algoritma untuk mendeteksi tanda unik dari gerakan kecil. Hal tersebut akan terdeteksi dari aliran darah ketika pengguna melakukan gestur mengetuk jari.

“(Gestur) ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk mendeteksi tanda unik dari gerakan kecil dan perubahan aliran darah saat tangan dan jari Anda melakukan gestur ketukan dua kali,” imbuh Williams.

Baca juga: Apple Watch Ultra 2 Resmi, Punya Layar Super Terang dan Double Tap berkat Chip S9

Harga Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 masing-masing dibanderol mulai dari 399 dollar AS (Rp 6,1 jutaan) dan 799 dollar AS (Rp 12,2 jutaan), sebagaimana dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Apple, Senin (18/9/2023).

Kedua arloji pintar sudah dapat dipesan dan akan mulai dijual pada 22 September 2023 di sejumlah negara. Namun, belum ada indikasi bahwa perangkat bakal segera diboyong ke Tanah Air. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com