Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Didesak Setop Jual iPhone 12, Radiasinya Tinggi dan Rentan Diserap Tubuh

Kompas.com - 14/09/2023, 08:08 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Perancis mendesak Apple menyetop penjualan iPhone 12 di negaranya. Desakan ini muncul karena Perancis menilai tingkat radiasi iPhone 12 melebihi ambang batas.

Hal ini diketahui setelah badan pengawas frekuensi radio Perancis (ANFR) melakukan pengujian terhadap ratusan ponsel termasuk iPhone 12. Hasilnya, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan iPhone 12 lebih banyak dari batas wajar, sehingga rentan diserap tubuh.

Menurut pengujian ANFR, penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh pengguna atau Specific Absorption Rate (SAR) di iPhone 12, mencapai 5,74 watt per kilogram. Adapun simulasi pengujian yang dilakukan adalah dengan menggengam ponsel atau menyimpan ponsel di saku.

Sementara itu, dalam skenario pengujian lainnya, yaitu dengan memberikan jarak 5 sentimeter (cm) dari ponsel ke tubuh manusia, iPhone 12 tercatat punya nilai SAR 2,0 watt per kilogram.

Baca juga: Harga iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max Bekas, Mulai Rp 8 Jutaan

Adapun Eropa menetapkan ambang batas penyerapan energi sebesar atau SAR sebesar 4,0 watt per kilogram. Jadi, iPhone 12 dikategorikan melebihi batas yang ditetapkan Eropa, berdasarkan simulasi ponsel saat digenggam atau ditaruh di saku.

ANFR tak merinci iPhone 12 mana yang dimaksud, apakah beberapa model atau semunya, mengingat ponsel ini dirilis dalam empat model, mulai dari iPhone 12"reguler", iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Berdasarkan hasil pengujian itu, ANFR memerintahkan Apple menyetop penjualan iPhone 12 di Perancis mulai 12 September. Untuk iPhone 12 yang sudah terlanjur dijual, ANFR meminta Apple segera bertindak agar tidak menimbulkan dampak lebih lanjut.

"Soal ponsel yang sudah terjual, Apple harus secepatnya mengambil tindakan perbaikan agar ponsel yang terdampak bisa mematuhi aturan," demikian keterangan ANFR melalui situsnya, dikutip KompasTekno dari France24, Kamis (14/9/2023).

Jika tidak segera diatasi masalahanya, Apple harus menarik ulang iPhone 12 dari pengguna di Perancis.

Sejauh ini Apple belum memberikan tanggapannya soal temuan ANFR. Belum diketahui pula apakah Apple akan menuruti desakan pemerintah Perancis atau memilih strategi lain agar tetap bisa berjualan.

Menurut Menteri Ekonomi Digital Perancis, Jean-Noel Barrot Apple kemungkinan memberikan respons dalam dua pekan. Perusahaan teknologi itu, menurut Barrot, bisa saja menggulirkan pembaruan untuk mengatasi masalah radiasi tadi.

Baca juga: Ramai soal Radiasi Ponsel Meningkat 1.000 Kali saat Baterai Tinggal 10 Persen, Ini Faktanya

Bila dalam tenggat itu raksasa teknologi tersebut tak kunjung bertindak, Barrot bersiap melayangkan perintah penarikan kembali (recall) iPhone 12 di negaranya.

"Jika mereka gagal, saya siap memerintahkan recall semua iPhone 12 yang beredar. Aturannya sama untuk semua orang, termasuk (perusahaan) raksasa digital," ujar Barrot.

Tak hanya itu, ANFR juga bersiap meneruskan temuannya ke berbagai regulator di negara-negara yang terhimpun dalam Uni Eropa. Jadi, pemblokiran iPhone 12 bisa saja meluas ke negara lainnya bila Apple tak kunjung bertindak mengatasi radiasi di ponselnya.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, Motorola Teratas

Selama ini, radiasi ponsel memang kerap dikaitkan menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) juga mengakui bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi dari gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF).

Namun, CDC juga belum bisa membuktikan bahwa radiasi gelombang RF-EMF mampu mempengaruhi kesehatan manusia.

"Saat ini kami tidak memiliki bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa penggunaan ponsel dapat mempengaruhi kesehatan manusia," ujar Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) dalam halaman resminya.

Baca juga: Alasan iPhone 15 Pakai Port USB-C Mirip Android, Apple Terpaksa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com