Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pengaruh USB-C di iPhone 15? Begini Kata Apple

Kompas.com - Diperbarui 15/09/2023, 06:12 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iPhone dengan USB C (port USB Type-C atau USB-C) akhirnya hadir juga melalui jajaran iPhone 15, yang baru saja dirilis pada ajang Apple Event 2023, Rabu (13/9/2023). iPhone 15 series resmi jadi iPhone pertama yang pakai USB C.

Sebagai informasi, iPhone 15 series terdiri dari iPhone 15 “biasa”, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Keempat model iPhone terbaru itu tak lagi menggunakan port Lightning untuk mengisi daya dan transfer data.

Baca juga: Lika-liku USB-C di iPhone 15, Apple Sempat Ogah-ogahan

iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, semuanya sama-sama telah dibekali dengan port pengisian daya dan transfer data universal, yang tak lain dan tak bukan adalah port USB C.

Port USB C yang terdapat pada jajaran iPhone 15.Apple Port USB C yang terdapat pada jajaran iPhone 15.

Penggunaan USB C di iPhone lewat iPhone 15 ini bisa dibilang merupakan perjalanan yang panjang. Apple membutuhkan waktu sekitar 11 tahun untuk menanggalkan port Lightning yang khas di iPhone dan beralih menggunakan USB C.

Penggunaan USB C di iPhone sudah cukup lama ditunggu-tunggu para pengguna. Dengan kehadiran port USB C untuk transfer data dan pengisian daya, sebenarnya apa pengaruhnya bagi iPhone, sehingga layak dinanti?

Baca juga: Mau Beli iPhone 15 Pro di Singapura, WNI Wajib Bayar Pajak Rp 4 Juta

Pengaruh USB C di iPhone 15

Apple secara umum mengatakan, terdapat dua pengaruh penggunaan USB Type-C di iPhone. Penjelasan soal pengaruh itu disampaikan langsung oleh Apple melalui laman resminya pada pengumuman kehadiran iPhone 15.

Adapun dua pengaruh USB C di iPhone 15 series berdasarkan penjelasan dari Apple adalah sebagai berikut.

1. Lebih fleksibel

Pengaruh yang pertama adalah membuat iPhone 15 series jadi lebih fleksibel dalam mengisi daya atau drastis. Penggunaan USB C pada iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max membuatnya lebih fleksibel dalam mengisi daya atau transfer data.

Untuk mengisi daya atau transfer data, keempat model iPhone tersebut sekarang tak perlu menggunakan kabel yang ekslusif. Mereka bisa memakai kabel universal USB C yang sama seperti digunakan di iPad, Macbook, dan AirPods Pro.

Kemudian, penggunaan port USB C pada iPhone 15 series memungkinkan pula pengguna untuk melakukan pengisian daya pada AirPods Pro dengan menyambungkannya ke iPhone melalui kabel USB C.

Baca juga: 5 Fitur Baru iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Tak Ada Tombol “Silent”

2. Transfer data lebih cepat di iPhone 15 versi “Pro”

Pengaruh yang kedua ada pada bagian kecepatan transfer data. Dalam kecepatan transfer data, tampaknya terdapat perbedaan antara USB C di iPhone 15 versi “non-Pro” (iPhone 15 dan iPhone 15 Plus) dan iPhone 15 versi “Pro” (iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max).

Pasalnya, Apple menjelaskan soal pengaruh pada kecepatan transfer data USB C hanya pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Sementara itu, pada iPhone 15 versi “non-Pro” tak ada penjelasan pengaruh kecepatan transfer data berkat USB C.

Dikutip dari laman resmi Apple, penggunaan port USB C membawa peningkatan pada kecepatan transfer data di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mendukung kecepatan transfer data hingga 10 gigabit per detik melalui sambungan USB 3. Peningkatan kecepatan transfer data itu tampaknya berhubungan dengan penggunaan chip A17 Pro di iPhone 15 versi “Pro”.

Chip itu dibekali pengontrol USB baru. Pengontrol tersebut memungkinkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max untuk melakukan transfer data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi pada USB 3 dan dapat menyalurkan output video hingga resolusi 4K.

Itulah pengaruh USB C di iPhone 15, yang memungkinkan pengisian daya dan transfer data bisa berjalan lebih fleksibel pada semua model iPhone 15 series. Kemudian, memungkinkan juga untuk transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi di model iPhone 15 versi “Pro”.

Baca juga: Ini Harga iPhone 15 Series di Singapura, Bisa Dibeli mulai 22 September

Dari pengaruh tersebut, pengguna setidaknya ke depan tak perlu bingung lagi ketika hendak mengisi daya atau transfer data di iPhone. Sebab, transfer data atau mengisi daya bisa dilakukan dengan kabel USB C, yang hampir sebagian besar pengguna lain punya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com