Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itel S23 Plus Meluncur, Punya "Dynamic Island" dan Kamera "Boba" ala iPhone

Kompas.com - Diperbarui 21/09/2023, 06:18 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Itel, meluncurkan smartphone baru yang dinamai Itel S23 Plus di pasar global, Selasa (19/9/2023). Itel S23 Plus membawa desain yang mirip iPhone, bahkan, punya fitur "Dynamic Island".

FItur Dynamic Island di Itel S23 Plus ini bernama Dynamic Bar. Sederhananya, fitur memungkinkan modul punch hole Itel S23 Plus, yang ada di tengah atas layar, tampak melebar dan bisa menampilkan beragam informasi penting.

Beberapa informasi yang bisa ditampilkan di punch hole ini di antaranya seperti notifikasi panggilan masuk dan pengingat jadwal, status baterai, dan masih banyak lagi. Punch hole ini juga menampung kamera selfie 32 MP.

Fitur Dynamic Island di iPhone (sejak iPhone 14 Pro) juga bisa menampilkan beragam aktivitas atau fitur dari suatu aplikasi.

Fitur Dynamic Bar Itel S23 Plus yang mirip Dynamic Island Apple iPhone.GSMArena Fitur Dynamic Bar Itel S23 Plus yang mirip Dynamic Island Apple iPhone.

Selain fitur ala Dynamic Island, Itel S23 Plus juga memiliki desain kamera belakang yang biasa dijuluki sebagai kamera "boba".

Baca juga: Poni Layar Dynamic Island iPhone Disebut Menjiplak Honor

Desain kamera boba biasanya mengacu pada susunan kamera belakang iPhone (sejak iPhone 11 Pro) yang disusun secara zig-zag dan terlihat seperti boba (bola-bola hitam dalam minuman teh, kopi, susu, dll yang terbuat dari tapioka)

Di Itel S23 Plus, kamera belakang terdiri dari kamera utama 50 MP dan satu kamera pendukung yang tidak disebutkan spesifikasinya. Kedua kamera itu ditemani LED flash.

Kamera belakang dan LED flash Itel S23 Plus disusun secara zig-zag, sehingga mirip kamera boba iPhone.

Ilustrasi Itel S23 Plus.GSMArena Ilustrasi Itel S23 Plus.

Spesifikasi dan harga Itel S23 Plus

Secara tampilan, Itel S23 Plus mengadopsi layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini dilindungi kaca Gorilla Glass 5, memiliki tingkat kecerahan 500 nit, dan mengusung tampilan melengkung (curved) di sisi kanan dan kirinya. 

Pada sektor performa, ponsel ini ditenagai dengan chipset Unisoc T616, yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR4X 8 GB, serta media penyimpanan UFS 2.0 dengan kapasitas 256 GB. 

Baterai ponsel berbobot sekitar 178 gram ini memiliki kapasitas jumbo 5.000 mAh, dan baterai tersebut bisa diisi dayanya melalui konektor USB-C dengan bantuan teknologi pengisian cepat 18W. 

Itel S23 Plus menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipadu dengan tampilan antarmuka ItelOS 13, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Itel P40 Plus Meluncur, Punya Baterai 7.000 mAh Harga Rp 1 Jutaan

Ilustrasi Itel S23 Plus.GSMArena Ilustrasi Itel S23 Plus.

 

Fitur pendukung yang ada di ponsel ini mencakup Atom Storage Technology yang diklaim bisa meningkatkan performa ponsel dengan cara menata dan merapikan file dan data yang ada di dalam storage.

Itel S23 Plus tersedia di beberapa negara di benua Afrika dengan kisaran harga 120 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta). Belum ada informasi apakah ponsel ini akan dijual di pasar lain, seperti Indonesia, atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com