Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perbedaan iOS 16 dan iOS 17 yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Kompas.com - 20/09/2023, 12:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 17, resmi dirilis dan sudah bisa diunduh oleh pengguna di Indonesia mulai hari ini, Selasa (19/9/2023) sejak dini hari tadi. Sebagai penerus iOS 16, iOS 17 tentunya dibekali berbagai fitur baru.

Lantas, apa saja perbedaan iOS 16 dan iOS 17? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan beberapa perbedaan iOS 16 dan iOS 17 yang perlu diketahui.

Baca juga: Daftar iPhone yang Tak Bisa Update iOS 17, Termasuk iPhone X

Perbedaan iOS 16 dan iOS 17

Perbedaan iOS 16 dan iOS 17 yang bisa dibilang paling kentara terletak pada segi fitur-fitur berbagi dan berkomunikasi. iOS 17 menghadirkan beberapa fitur yang membuat pengalaman berbagi dan berkomunikasi di iPhone jadi lebih menarik.

Selain dari segi fitur berbagi dan berkomunikasi, iOS 17 juga turut membawa pembaruan fitur pada beberapa aplikasi bawaan yang belum pernah ada di iOS 16. Adapun daftar perbedaan iOS 16 dan iOS 17 lebih lengkapnya adalah sebagai berikut

1. Telepon

Tampilan fitur poster kontak di iOS 17 yang dapat menampilkan kartu nama di layar iPhone pengguna lain ketika pengguna meneleponnya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur poster kontak di iOS 17 yang dapat menampilkan kartu nama di layar iPhone pengguna lain ketika pengguna meneleponnya.

Pada fitur utama telepon, iOS 17 dibekali beberapa fitur baru yang menunjang pengalaman pengguna dalam berkomunikasi dan belum pernah ada di iOS 16. Fitur tersebut antara lain meliputi:

  • Poster kontak = Fitur ini memungkinkan pengguna membuat poster, gambar, atau kartu nama yang dapat muncul di layar ponsel pengguna lain ketika pengguna sedang meneleponnya. Poster kontak membuat identitas penelepon jadi lebih menarik.
  • Live Voicemail = Di iOS 17, ketika seseorang meninggalkan Voicemail, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari suara orang tersebut di layar iPhone dan berkesempatan untuk membalas pesan dari orang itu.

2. Berbagi kontak

Ilustrasi fitur NameDrop di iOS 17 yang memungkinkan pengguna saling membagikan kartu namanya dengan menempelkan langsung bagian ujung atas kedua iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur NameDrop di iOS 17 yang memungkinkan pengguna saling membagikan kartu namanya dengan menempelkan langsung bagian ujung atas kedua iPhone.

Di iOS 17, berbagi kontak dibuat lebih menarik dengan adanya fitur NameDrop. Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa saling membagikan kartu nama berisi informasi kontak hanya dengan mendekatkan bagian ujung atas iPhone.

Ketika iPhone didekatkan, kartu nama dari masing-masing pengguna bakal muncul di tiap layar iPhone dan bisa langsung disimpan.

Fitur poster kontak dan NameDrop itu berkaitan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu membuat kartu nama dulu di iPhone. Di kartu nama itu, pengguna dapat mengatur foto profilnya, nama, serta kontak atau nomor telepon yang digunakan.

3. Berbagi via AirDrop

Ilustrasi cara baru berbagi via AirDrop di iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara baru berbagi via AirDrop di iOS 17.

Perbedaan iOS 16 dan iOS 17 yang ketiga bisa dilihat dari fitur berbagi via AirDrop. Di iOS 17, pengguna bisa langsung membagikan media atau dokumen hanya dengan mendekatkan bagian ujung atas kedua iPhone, tanpa harus memilih nama AirDrop terlebih dahulu.

4. iMessage

Ilustrasi membuat stiker dengan efek animasi di iMessage iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi membuat stiker dengan efek animasi di iMessage iOS 17.

iOS 17 membawa pembaruan fitur dari iOS 16 yang menyasar pada beberapa aplikasi bawaan, salah satunya iMessage. Di iOS 17, iMessage dibekali dengan tampilan dan beberapa fitur baru yang belum ada di iOS 16, yang meliputi:

  • Stiker, emoji, memoji, dan lainnya di iMessage iOS 17 kini tergabung semua dalam satu menu, yakni menu “Stiker”.
  • Di iMessage iOS 17, pengguna sekarang bisa membuat langsung stiker dengan efek animasi.
  • iMessage di iOS 17 dibekali pula dengan fitur Check-in. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi bahwa pengguna lain, seperti anggota keluarga, saudara, atau teman, telah sampai di lokasi tujuan dengan selamat.
  • iMessage di iOS 17 juga dibekali dengan fitur baru transkrip pesan audio. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari pesan audio yang dikirimkan di iMessage.

Baca juga: Ruginya Pengguna iPhone X dkk, Tak Bisa Pakai Fitur-fitur Keren di iOS 17 Ini

5. Safari

Ilustrasi fitur kunci tab private di Safari iOS 17.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur kunci tab private di Safari iOS 17.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com