Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Indonesia Jual Zenfone 8 Rp 10 Juta, Netizen Heran

Kompas.com - 20/09/2023, 14:49 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus memangkas harga ponsel flagship mereka yang dirilis pada Oktober 2021 lalu, yakni Zenfone 8 varian RAM 16 GB/256 GB, dari semula Rp 11,5 juta, menjadi Rp 10 juta.

Informasi program diskon Zenfone 8 ini disampaikan Asus Indonesia melalui akun Instagram resmi mereka dengan handle @asusid.

Dalam posting tersebut, Asus menyebut bahwa pendahulu Zenfone 9 itu bisa didapatkan dengan harga Rp 10 juta di toko-toko resmi Asus di sejumlah marketplace di Indonesia.

Asus memangkas harga Zenfone 8 dari Rp 11,5 juta menjadi Rp 10 juta. Harga ini masih lebih mahal dari Zenfone 9 yang punya spesifikasi lebih baru. KOMPAS.com/Bill Clinten Asus memangkas harga Zenfone 8 dari Rp 11,5 juta menjadi Rp 10 juta. Harga ini masih lebih mahal dari Zenfone 9 yang punya spesifikasi lebih baru.

Sekilas, harga anyar yang diterapkan Asus Indonesia untuk Zenfone 8 tampak normal, mengingat varian RAM yang digunakan adalah 16 GB. 

Namun, di unggahan tersebut, sejumlah warganet tampak mengatakan bahwa harga jual Zenfone 8 ini masih lebih mahal daripada Zenfone 9 yang memiliki spesifikasi lebih baru.

Pantauan KompasTekno, Asus Zenfone 9 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8 juta, untuk RAM 6 GB/128 GB.

Asus Zenfone 9 membawa spesifikasi yang lebih baru, salah satunya di sektor chipset yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Sedangkan Zenfone 8, masih menggunakan chipset Snapdragon 888, keluaran 2020 (3 tahun lalu). 

Sebagai informasi, saat ini ponsel flagship terbaru biasanya ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang meluncur 2022 lalu atau Snapdragon 8 Gen 1 yang meluncur 2021 lalu.

Zenfone 9 sendiri meluncur pada November 2022 dan menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Ponsel ini dibanderol mulai harga Rp 8 juta untuk varian paling rendah yaitu RAM 6 GB/128 GB.

Sementara varian tertingginya, yaitu 16 GB/256 GB, dijual dengan harga Rp 12 juta. 

Baca juga: Asus Sesumbar Zenfone 10 Lebih Kencang dari Sesama HP Snapdragon 8 Gen 2

Sindiran warganet

Warganet yang memenuhi kolom komentar di unggahan Asus Indonesia terkait diskon Zenfone 8, menilai bahwa harga jual tersebut masih mahal. Mereka juga mempertanyakan mengapa Asus menjual Zenfone 8 dengan harga tersebut.

Salah satunya adalah pengguna Instagram dengan handle @soeryamoeslem dan @gunawan_gunaash. Mereka mengatakan bahwa harga jual Zenfone 8 ini seharusnya bisa lebih rendah, apalagi ponsel ini keluaran dua tahun lalu.

Kemudian, ada beberapa warganet lain, seperti pengguna dengan handle @augerynn dan @rifinn_m, yang heran mengapa harga ponsel tersebut mencapai Rp 10 juta. Sebab, "otak" ponsel tersebut merupakan chipset lawas Snapdragon 888 yang rilis 2020. 

"Wow, (HP) generasi 2 tahun lalu masih dijual Rp 10 juta?" tulis akun tersebut sembari menambahkan emotikon tertawa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com