Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siapkan Xbox Baru Bentuk Tabung?

Kompas.com - 20/09/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft tengah menyiapkan konsol Xbox Series X versi terbaru alias "refresh". Hal ini terungkap dari bocoran dokumen seperti itulah bunyi bocoran dokumen Microsoft kepada Komisi Perdagangan Federal AS (Federal Trade Commission/FTC).

Menurut dokumen yang pertama kali dikirim pada Mei 2022 itu, Xbox dengan nama kode "Brooklin" itu mengusung bentuk desain tabung, berbeda dengan tampilan Xbox Series X "reguler" yang menyerupai balok.

Logo Xbox pun dipindahkan dari bagian depan atas ke depan bawah konsol. Tepat di bawahnya, terdapat port USB-C dengan teknologi pengisian daya Power Delivery.

Baca juga: Microsoft Akan Tutup Toko Game Online Xbox 360 Store

Xbox Brooklin konon tidak dibekali laci cakram seperti Xbox Series S, sehingga hanya bisa digunakan untuk bermain game digital.

Soal spesifikasi, Xbox Brooklin disebut akan membawa pengalaman gaming 4K Gen9 dengan media penyimpanan (storage) 2 TB, penggunaan daya lebih rendah 15 persen, konektivitas Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan masih banyak lagi.

Xbox Brooklin juga akan memiliki mode Standby dengan penggunaan daya lebih rendah 20 persen dibanding Xbox Series S. Ada pula penggunaan kemasan Xbox yang dapat didaur ulang sepenuhnya.

Konsol ini rencananya akan dibanderol seharga 499 dollar AS (sekitar Rp 7,6 juta), sama seperti Xbox Series X versi "reguler".

Tak hanya Xbox Series X, "adiknya", Xbox Series S juga mendapatkan versi refresh dengan nama kode "Ellewood".

Versi refresh dari Xbox Series S memiliki nama kode Xbox EllewoodGematsu Versi refresh dari Xbox Series S memiliki nama kode Xbox Ellewood
Secara desain, tampilan Ellewood masih sama seperti Xbox Series S versi reguler. Namun, konsol refresh ini menghadirkan storage 1 TB, Wi-Fi 6E,  Bluetooth 5.2, dan mode Standby yang sama seperti Xbox Brooklin.

Soal harga, konsol ini dijual dengan harga yang sama seperti Xbox Series S, yaitu 299 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Konsol Xbox generasi terbaru

Dokumen Microsoft yang bocor juga mengindikasikan bahwa konsol Xbox generasi terbaru bakal diluncurkan tahun 2028.

Baca juga: Microsoft Bikin Aksesori Stiker Wrap Resmi untuk Xbox Series X

Xbox anyar ini diperkirakan akan menghadirkan dua inovasi baru yang utama, yakni game berbasis cloud hybrid dan platform game serta aplikasi yang imersif. Dokumen tersebut tidak merincikan kedua inovasi tersebut secara detail.

Yang jelas, Microsoft sebelumnya pernah mengadopsi pendekatan cloud hybrid lewat game "Microsoft Flight Simulator".

Dalam game simulasi penerbangan ini, permainan akan dijalankan oleh komputer (PC) atau konsol Xbox. Akan tetapi, kota dan pemandangan yang realistis di game tersebut dialirkan (stream) dari data cloud Bing Maps berukuran 2,5 petabyte.

Soal spesifikasi, konsol Xbox generasi terbaru diperkirakan akan mengandalkan prosesor (CPU) berarsitektur ARM64 atau x64 (Zen 6). Untuk unit pengolah grafis (GPU) Xbox akan bekerja sama dengan AMD, atau melisensikan AMD Navi 5/RDNA 5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com