Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Aplikasi Khusus iPad Sedang Disiapkan, Begini Tampilannya

Kompas.com - 21/09/2023, 08:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan WhatsApp (WA), diketahui tengah menguji coba aplikasi khusus atau native untuk perangkat iPad. Selama ini, pengguna iPad hanya bisa mengakses WhatsApp melalui web, bukan aplikasi. 

Kabar ini datang dari WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp. Dalam laporannya, WhatsApp disebut telah merilis versi beta 23.19.1.71 di TestFlight. TestFlight merupakan program uji coba WhatsApp yang dibuka untuk pengguna perangkat Apple.

Walau masih dalam tahap pengembangan (uji coba) dan belum dirilis untuk publik, informasi ini merupakan kabar baik bagi pengguna yang kerap menggunakan ekosistem Apple.

Kebaruan ini membuat pesan WA bisa lebih mudah diakses dari berbagai macam perangkat Apple. Ditambah, native app (aplikasi khusus) WhatsApp di macOS juga sudah dirilis oleh Meta (perusahaan induk WA) beberapa waktu lalu.

Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan WABetaInfo, tampilan WhatsApp di iPad cukup serupa dengan iPhone. Antarmuka dari daftar obrolan atau menu "Chats" mengadopsi bahasa desain yang sama. Hanya saja, tampilan di iPad terlihat lebih lega dan lebar.

Baca juga: Kenapa Menu Saluran WhatsApp Belum Muncul? Begini Penjelasannya

Tampilan WhatsApp versi iPadOS yang tengah dalam uji cobaWABetaInfo Tampilan WhatsApp versi iPadOS yang tengah dalam uji coba

Di iPhone, pengguna hanya dapat membuka satu menu Chats atau ruang obrolan secara bergantian.

Sementara di aplikasi native WhatsApp iPad, pengguna dapat mengakses keduanya sekaligus. Daftar obrolan (Chats) akan terdapat di sisi kiri, sedangkan ruang obrolan di sebelah kanan. Seperti gambar di atas.

Pengguna yang mengunduh aplikasi WhatsApp untuk iPad nantinya akan diminta untuk menautkan akun mereka dengan akun utama di iPhone. Pengguna akan diminta memindai kode QR yang ada di WhatsApp iPadOS menggunakan ponsel mereka.

Pengguna harus mengakses WhatsApp di iPhone. Buka menu WhatsApp Settings dan klik Linked device. Klik lagi “Link a device” untuk membuka akses kamera, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (21/9/2023).

Setelah kode QR dipindai, sistem akan mengunduh semua percakapan dari ponsel ke tablet. Jika proses sinkronisasi selesai, pengguna dapat mengakses aplikasi WhatsApp lintas perangkat, mulai dari iPad, iPhone, hingga Mac.

WABetaInfo menyebut WhatsApp di iPad dapat tetap berjalan sendiri secara independen. WhatsApp di iPad tidak harus terkoneksi jaringan internet yang sama dengan ponsel dan tetap bisa digunakan meski ponsel mati.

Pesan dan panggilan di WhatsApp iPadOS turut dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung (E2EE/end-to-end encryption).

Baca juga: Kenapa Menu Saluran WhatsApp Belum Muncul? Begini Penjelasannya

Namun, karena masih dalam tahap uji coba, WhatsApp di iPadOS saat ini masih berupa aplikasi pendamping (companion mode).

Notifikasi atau percakapan yang berlangsung di satu perangkat memang akan tersinkronisasi langsung dengan perangkat lain, tetapi pengguna tidak dapat membuat akun WhatsApp yang baru melalui iPad.

WABetaInfo juga mengimbau beberapa fitur WhatsApp di iPadOS kemungkinan ada yang belum berfungsi dengan baik. Misalnya, melihat pembaruan WhatsApp Status atau fitur berbagi lokasi secara real-time.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, WhatsApp versi iPadOS masih tersedia dalam versi beta. Belum ada informasi jadwal peluncuran resmi WhatsApp versi iPadOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com