Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Oppo Service Center, Konsumen Bisa Lihat Langsung HP-nya Dibongkar

Kompas.com - 22/09/2023, 10:21 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memberi rasa aman kepada penggunanya, konsumen yang datang ke Oppo Service Center bisa melihat langsung saat ponselnya diperbaiki oleh tim teknisi.

Ini merupakan bagian dari layanan jasa perbaikan Trustworthy Service Package yang dimiliki Oppo. Layanan ini dapat dinikmati seluruh pengguna Oppo di seluruh Oppo Service Center yang ada di Indonesia.

Layanan yang ditawarkan ada bermacam-macam, mulai dari pergantian spare parts (kamera, layar, konektor USB, baterai), pembaruan (update) sistem operasi (OS/perangkat lunak), pemasangan anti gores, perawatan perangkat secara menyeluruh, dan masih banyak lagi.

Misal konsumen memiliki masalah baterai ponsel, teknisi akan melakukan pengecekan komponen lebih dahulu. Artinya, untuk mengetahui tingkat kerusakan komponen, perangkat harus dibongkar oleh teknisi.

Baca juga: Teknisi Oppo Bongkar Reno 10 dan Pasang Lagi dalam 30-an Menit

Nah, selama masa pembongkaran dan perbaikan itu, pemilik HP dapat melihat apa saja yang dilakukan teknisi terhadap perangkatnya. Pengguna dapat melihat proses awal ponsel dicek, dibongkar, hingga dipasang kembali.

Jarak antara tim teknisi dan konsumen akan dibatasi oleh kaca transparan. Tujuannya agar pengguna dapat melihat secara jelas komponen apa yang diganti oleh teknisi, sejauh mana ponsel pengguna dibongkar/diperbaiki, dan sebagainya.

Aspek keterbukaan itulah yang menjadi fokus Oppo Service Center. Pihak Oppo mengatakan bahwa transparansi itu akan membuat konsumen merasa lebih aman ketika memperbaiki perangkatnya di toko servis resmi.

User bisa lihat langsung tim teknisi bongkar-pasang perangkatnya. Hal tersebut supaya bisa memberi rasa aman,” jelas juru bicara Oppo Indonesia dalam sesi tanya jawab bersama media di Oppo Service Center ITC Roxy Mas, Kamis (21/9/2023).

Ilustrasi teknisi yang sedang bongkar-pasang bodi Oppo Reno 10 Pro Plus di Oppo Service CenterKOMPAS.com/Caroline Saskia. Ilustrasi teknisi yang sedang bongkar-pasang bodi Oppo Reno 10 Pro Plus di Oppo Service Center

Transparansi ini juga dilakukan agar pengguna terdorong untuk beralih servis ponsel di Oppo Service Center. Sebab, menurut Oppo, toko servis nonresmi kerap menggunakan metode yang kurang higenis dan tidak terlalu memperhatikan kualitas komponen.

Baca juga: Pemilik Oppo Reno 10 Series Dapat Perlakuan Istimewa saat Servis Resmi

“Di sini kami pakai alat dan baju khusus, enggak sembarangan. Semuanya disimpan di tempat yang sesuai. Beda dengan toko servis resmi yang tidak terlalu memperhatikan kelengkapan komponen,” ujar juru bicara Oppo Indonesia.

Alat dan baju khusus di atas merujuk pada baju statis dan gelang khusus. Tim teknisi yang membongkar komponen perangkat harus terlebih dulu mengenakan perlengkapan khusus. Agar aliran listrik dalam tubuh manusia bisa dihilangkan.

Komponen yang nantinya dipegang atau disentuh tidak akan tekontaminasi. Smartphone pun turut dimatikan untuk menghindari masalah risiko korsleting.

Selain transparan, perusahaan juga mengedepankan kecepatan. Berdasarkan klaim yang disampaikan, layanan jasa perbaikan hanya memerlukan waktu satu jam untuk bongkar-pasang perangkat Oppo.

Apabila durasi perbaikan memakan waktu di atas satu jam, Oppo bakal memberi hadiah, seperti merchandise sebagai permintaan maaf. Tidak dirinci merchandise seperti apa yang akan diberikan, tetapi Oppo menjamin konsumen bakal menerima kompensasi.

“Kalau durasi perbaikannya ternyata di atas satu jam, ya, kami akan kasih hadiah, berupa merchandise,” ujar juru bicara Oppo Service Center.

Apabila Anda berencana untuk memperbaiki perangkat Oppo dan tertarik dengan rincian harganya, bisa mengunjungi laman resmi Oppo melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com