Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Microsoft Surface Go 4 Resmi, Upgrade CPU dan RAM

Kompas.com - 22/09/2023, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan tablet dengan sistem operasi (OS) Windows terbarunya, Surface Go 4 pekan ini. Sesuai namanya, tablet ini merupakan suksesor dari Surface Go 3 yang dirilis sekitar dua tahun lalu. 

Secara tampilan, desain Surface Go 4 sama persis dengan Surface Go 3. Artinya, tablet ini bisa dipasangi tetikus (mouse) dan papan ketik (keyboard) untuk kemudahan mengetik, sehingga fungsinya bisa berubah menjadi laptop.

Meski demikian, Microsoft menghadirkan sejumlah peningkatan di tablet Windows tersebut, salah satunya adalah dari aspek prosesor (CPU).

Baca juga: Microsoft Suntik Mati Ponsel Lipat Surface Duo

Kini, Surface Go 4 ditenagai dengan CPU Intel Processor N200 yang memiliki jumlah CPU mencapai empat inti (quad core), lebih banyak dari CPU dua inti (dual core) di Intel Pentium Gold 6500Y yang ada di Surface Go 3. 

Selain itu, kapasitas RAM di Surface Go 4 juga kini ditambah menjadi 8 GB, lebih besar dari Surface Go 3 dengan 4 GB. Untuk media penyimpanan (storage), tablet Windows ini memiliki opsi 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Ilustrasi Surface Go 4.Microsoft Ilustrasi Surface Go 4.

Untuk soal spesifikasi, layar touchscreen Surface Go 4 memiliki ukuran 10,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.280 piksel.

Perangkat ini juga sudah dibekali dengan konektor USB-C, audio jack 3.5mm, slot kartu microSD, dua buah kamera dengan resolusi 1080p yang ada di bagian depan dan belakang layar, sama seperti Surface Go 3.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro 9 dengan 2 Varian Chip

Fitur pendukung lainnya yang ada di tablet ini mencakup dukungan pena digital (stylus), mouse, keyboard, WiFi 6, Bluetooth 5.1, stereo speaker dengan teknologi Dolby Audio Premium, Studio Mics ganda dengan teknologi Voice Clarity, OS Windows 11, dan masih banyak lagi.

Nah, meski sudah diluncurkan, Surface Go 4 tak akan bisa dibeli konsumen biasa. Sebab, tablet ini hanya menyasar pasar bisnis, alias dijual kepada para perusahaan yang tertarik, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (22/9/2023).

Lantas, bagaimana dengan harganya? Surface Go 4 tersedia mulai 3 Oktober 2023 mendatang dalam warna Platinum, dan dibanderol dengan harga termurah 579 dollar AS (sekitar Rp 8,8 juta) untuk varian storage 64 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com