Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Oppo Reno 10 di Berbagai Kondisi

Kompas.com - 22/09/2023, 13:47 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Agustus lalu, seri ponsel Reno 10 dari Oppo terdiri dari tiga model, yakno Reno 10, Reno 10 Pro, dan Reno 10 Pro Plus.

Dari ketiganya, Reno 10 duduk di urutan bontot. Namun, sebagian spesifikasi ponsel ini mirip dengan "kakaknya", Reno 10 Pro, khususnya untuk konfigurasi kamera.

Baik Reno 10 maupun Reno 10 Pro sama-sama dibeali kamera ultra wide 8 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 112 derajat, kamera telephoto 32 MP (f/2.0) dengan jangkauan zoom optis 2x, dan kamera depan 32 MP (f/2.4).

Perbedaannya terletak di kamera utama, di mana Oppo Reno 10 dibekali unit 64 MP (f/1.7), sementara Reno 10 Pro mengandalkan kamera 50 MP (f/1.8) dengan OIS.

Perbedaan tingkat zoom kamera ultra wide (0,6x), kamera utama (1x), dan kamera telephoto (2x) di Oppo Reno 10. Zoom 5x merupakan pembesaran digital dari kamera telephotoKOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan tingkat zoom kamera ultra wide (0,6x), kamera utama (1x), dan kamera telephoto (2x) di Oppo Reno 10. Zoom 5x merupakan pembesaran digital dari kamera telephoto

Kecuali kamera ultra wide, seluruh kamera di Reno 10 menggunakan teknik pixel binning yang menggabungkan tiap empat piksel menjadi satu untuk meningkatkan kualitas gambar.

Kamera utama Reno 10 pun memiliki output default sebesar 16 MP, sementara kamera telephoto dan kamera depan masing-masing menghasilkan resolusi standar 8 MP.

Baca juga: Harga Oppo Reno 10, Oppo Reno 10 Pro, Oppo Reno 10 Pro Plus Terbaru September 2023

Untuk mengetahui sebagus apa jepretan kamera Oppo Reno 10, KompasTekno menggunakannya untuk memotret di berbagai kondisi, mulai dari luar ruangan saat siang hari hingga indoor dan malam hari.

Tanpa OIS tetap bisa diandalkan

Berbeda dari dua kakaknya, unit kamera utama di Oppo Reno 10 tidak dibekali fitur peredam goyangan alias OIS.

Namun, sepengalaman KompasTekno saat menjajalnya, kamera utama ponsel ini ternyata masih bisa diandalkan saat memotret di berbagai kondisi, termasuk di dalam ruangan dan situasi kurang cahaya.

Aperture kamera utama yang tergolong lebar (f/1.7) membantu dalam mempertahankan kecepatan rana agar tetap cukup singkat sehingga menekan motion blur.

Hasil fotonya sendiri tergolong bagus dan sedap dipandang. Warna-warna tampil menarik dan cenderung warm. Saturasinya tinggi tanpa terkesan berlebihan.

Satu hal yang menarik adalah kamera utama Oppo 10 bisa fokus lebih dekat dari kamera ultra wide. Background blur atau bokeh di belakang subyek foto saat memotret dalam jarak dekat ini terlihat menarik.

Saat digunakan dari jarak dekat, kamera utama Oppo Reno 10 menghasilkan bokeh yang menarikKOMPAS.com/ OIK YUSUF Saat digunakan dari jarak dekat, kamera utama Oppo Reno 10 menghasilkan bokeh yang menarik

Jika diinginkan, pengguna bisa memotret dengan resolusi penuh sebesar 64 MP. Namun, perbedaan detilnya tak terlalu terlihat dan ukuran file foto menjadi dua kali lebih besar.

Sebaiknya gunakan resolusi default saja karena 16 MP sudah mencukupi untuk berbagai keperluan dan kualitas gambarnya secara keseluruhan lebih bagus dari mode 64 MP karena pixel binning.

Zoom 5x, fixed focus di ultra wide dan selfie

Salah satu fitur unggulan di Reno 10 adalah kamera telephoto dengan jangkauan zoom optis 2x yang dimaksudkan untuk menjepret foto portrait.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com