Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Setting Webcam untuk Swafoto SSCASN di laptop Mac buat Daftar CPNS dan PPPK 2023

Kompas.com - 23/09/2023, 19:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta sekarang sudah bisa membuat akun di portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) untuk keperluan mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (pendaftaran CPNS dan PPPK 2023).

Dalam membuat akun SSCASN, salah satu hal yang wajib dilakukan peserta adalah mengambil foto selfie atau swafoto. Supaya pengambilan swafoto berjalan lancar, peserta perlu memastikan kamera web atau webcam di laptop berfungsi.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto di HP, Mudah dan Praktis

Sebagai informasi, pengambilan swafoto untuk membuat akun SSCASN dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 itu dilakukan langsung menggunakan webcam laptop.

Jika peserta menggunakan laptop Mac atau Macbook (laptop buatan Apple) dan tengah ingin membuat akun SSCASN di website https://sscasn.bkn.go.id, terdapat beberapa setting webcam yang perlu dilakukan supaya bisa dipakai swafoto SSCASN 2023.

Lantas, bagaimana cara setting webcam untuk swafoto SSCASN 2023 di laptop Mac? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara setting webcam untuk swafoto SSCASN 2023 di laptop Mac atau Macbook.

Cara setting webcam untuk swafoto SSCASN 2023 di laptop Mac

Sebelum melalukan swafoto SSCASN 2023, setidaknya terdapat tiga setting yang perlu dilakukan terlebih dahulu di laptop Mac. Adapun penjelasan mengenai ketiga cara setting webcam untuk swafoto SSCASN 2023 itu adalah sebagai berikut.

1. Cek fungsi webcam di laptop Mac

Pertama, silakan cek fungsi webcam di laptop Mac. Pastikan webcam aktif dan bisa digunakan untuk mengambil foto. Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan membuka aplikasi kamera bawaan di laptop Mac seperti Photobooth.

Jika webcam bisa dipakai untuk mengambil foto atau video, artinya webcam tersebut aktif dan dapat digunakan untuk swafoto di portal SSCASN guna membuat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

2. Pastikan aplikasi browser di laptop Mac telah diizinkan untuk mengakses webcam

Setelah memastikan fungsinya, cara setting webcam untuk swafoto SSCASN 2023 di laptop Mac yang berikutnya adalah dengan memastikan aplikasi browser telah diizinkan untuk mengakses webcam.

Adapun cara memastikan izin akses webcam pada aplikasi browser di laptop Mac adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple yang berada di pojok kiri atas halaman Home Macbook. Pilih menu “System Preferences”. Setelah itu, klik menu “Security and Privacy”.
  • Pilih opsi “Camera” dan klik opsi “Privacy”.
  • Di opsi tersebut, pastikan aplikasi browser yang hendak dipakai untuk membuka website SSCASN telah mendapatkan izin akses perangkat webcam.

Ilustrasi cara cek izin akses webcam pada browser di laptop Mac yang hendak dipakai membuat akun dan swafoto SSCASN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek izin akses webcam pada browser di laptop Mac yang hendak dipakai membuat akun dan swafoto SSCASN 2023.

3. Pastikan website SSCASN di browser telah diizinkan mengakses webcam laptop Mac

Ketiga, peserta yang memakai laptop Mac juga perlu memastikan website SSCASN di browser telah diizinkan mengakses webcam.

Saat membuat peserta akun, website SSCASN yang beralamatkan di https://sscasn.bkn.go.id,  bakal meminta izin untuk mengakses webcam.

Di browser, peserta bakal disajikan dengan dua opsi izin akses webcam atas website SSCASN, yakni “Block” and “Allow”. Silakan pilih opsi “Allow” untuk mengizinkan website SSCASN di browser mengakses webcam laptop Mac.

Ilustasi cara mengizinkan akses webcam pada website SSCASN di browser supaya bisa swafoto.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustasi cara mengizinkan akses webcam pada website SSCASN di browser supaya bisa swafoto.

Peserta harus mengizinkan akses tersebut supaya bisa menggunakan webcam laptop Mac untuk swafoto SSCASN 2023. Jika tidak diizinkan maka webcam laptop tak akan bisa dipakai untuk swafoto di portal SSCASN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com