Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting untuk Pemilik iPhone 15, Wajib Update ke iOS 17.0.2

Kompas.com - 24/09/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Pemilik iPhone 15 wajib melakukan update software iPhone mereka ke iOS 17.0.2. Apple merilis pembaruan penting ini untuk memperbaiki masalah proses transfer data di iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Pemilik iPhone 15, sebaiknya melakukan update ke iOS 17.0.2 sebelum mentransfer data-data dari iPhone lama mereka ke iPhone 15. Sebab, Apple menemukan ada potensi masalah yang bisa terjadi saat proses transfer data berlangsung.

Bila Anda telah melakukan transfer data dari iPhone lama ke baru, tanpa melalukan update OS terlebih dahulu, proses perpindahan data bisa “mandek” alias macet.

Menurut sejumlah laporan, iPhone 15 hanya akan menampilkan logo perangkat saja sehingga proses transfer data gagal. Pengguna pun akan kesulitan memindahkan data-data mereka ke perangkat baru.

Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya:

  • Hubungkan iPhone 15 Anda ke komputer mengunakan kabel
  • Pencet tombol volume atas dalam satu kali klik, tidak perlu memencet tombol terlalu lama
  • Lakukan hal tersebut untuk tombol volume turun dalam satu ketukan
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol di samping
  • Tahan hingga logo Apple muncul dan jangan lepaskan tombol sampai gambar komputer dan kabel muncul di layar
  • Jika sudah, beralih ke komputer Anda. Buka file yang terdeteksi sebagai iPhone 15. Pencarian bisa dilakukan di menu Finder ataupun iTunes
  • Jika muncul pilihan “Restore” or “Update”, pilih “Restore”
  • iPhone akan restart secara otomatis, selagi komputer mengunduh (install) OS versi terbaru. Tunggu sesaat sampai proses reset selesai.

Apabila langkah-langkah di atas sudah selesai, pengguna bisa beralih ke tahap selanjutnya. Aktifkan atau nyalakan iPhone baru Anda yang sudah selesai di-reset. Layar akan memunculkan tulisan "Hello".

Baca juga: Skor Benchmark iPhone 15 Pro Max Kalah dari HP Android Ini

Tampilan "Hello" ini umumnya muncul di seluruh perangkat baru Apple ataupun perangkat yang baru saja di-reset. Sentuh layarnya, lakukan prosedur yang tersedia. Nanti akan muncul halaman "Software Update", pilih "Update Now".

iPhone akan kembali melakukan restart. Kemudian, jika perangkat sudah menjalankan sistem operasi terbaru, proses transfer data dari iPhone lama ke iPhone akan dapat dilakukan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Minggu (24/9/2023), Apple sudah dua kali merilis pembaruan iOS 17 sejak diperkenalkan pekan lalu, yakni iOS 17.0.1 dan iOS 17.0.2.

Bedanya, iOS 17.0.1 digelontorkan untuk semua model iPhone yang kebagian iOS 17, sedangkan iOS 17.0.2 hanya untuk iPhone 15 series saja.

Update pertama digelontorkan untuk memperbaiki bug dan membawa tambahan (patch) keamanan untuk tiga celah keamanan (vulnerability).

Terdapat dua bug ditemukan di mesin browser WebKit (CVE-2023-41993) dan kerangka Keamanan (CVE-2023-41991). Kedua bug memungkinkan penyerang melewati langkah validasi, menggunakan aplikasi berbahaya, atau mendapatkan eksekusi kode arbitrer melalui halaman web perusak.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.0.1, Pemilik iPhone XS atau Yang Lebih Baru Wajib Update

Bug juga ditemukan di Kernel Framework, yang menyediakan API dan dukungan untuk ekstensi kernel dan driver perangkat yang tinggal di kernel. Penyerang lokal dapat mengeksploitasi kelemahan ini (CVE-2023-41992) untuk meningkatkan hak istimewa.

Tiga kerentanan itu juga ditemukan di perangkat iPad Pro 12,9 inci generasi ke-2 dan versi lebih baru, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 11 inci generasi ke-1 dan versi lebih baru, iPad Air generasi ke-3 dan versi lebih baru, iPad Generasi ke-6 dan lebih baru, iPad mini generasi ke-5 dan lebih baru. Apple pun merilis update iPadOS 17.0.1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com