Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Saluran di WhatsApp dan Menambahkannya

Kompas.com - 28/09/2023, 15:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Fitur Saluran WhatsApp atau Channel WhatsApp resmi bergulir di Indonesia sejak awal September. Fitur ini mirip Channel Telegram yang memungkinkan pengguna dapat bergabung di salah satu channel yang terverifikasi untuk mendapatkan berita terkini.

Letak Saluran WhatsApp bergabung di tab status. Sehingga kini tab status WhatsApp berubah nama menjadi "Update/Pembaruan". Saat bergabung di salah satu channel WhatsApp, komunikasi pun bersifat satu arah sehingga pengguna tidak bisa membalas pesan atau informasi yang dibagikan oleh admin. 

Pengguna hanya bisa berinteraksi dengan memberikan reaksi emoji atas informasi yang dibagikan admin. Dilansir dari laman resmi WhatsApp, tidak semua pengguna WA bisa membuat Saluran WhatsApp.

Individu dan organisasi yang bermitra dengan Meta (perusahaan induk WhatsApp) saja yang bisa membuat Saluran WhatsApp. Namun bagi perusahaan atau organisasi Anda yang masuk dalam kategori verifikasi Meta, berikut ini tutorial membuat saluran di WA dilansir dari laman resmi WhatsApp.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Fitur Channel dan Komunitas di WhatsApp

Cara membuat Channel di WA

  • Buka akun WhatsApp
  • Klik tab "Peembaruan"
  • Klik "Mulai" kemudian lanjutkan tambahkan nama saluran. Nama Channel WA bisa diubah kapan saja Tambahkan deskripsi saluran
  • Anda bisa menulis deskripsi untuk pengikut Channel WA Anda
  • Tambahkan ikon Channel WA. Anda bisa menambahkannya dari telepon atau web
  • Klik "Buat saluran" Fitur Channel WA ini nantinya akan hadir di tab/menu "Updates" atau "Pembaruan"

Cara bergabung di Saluran WhatsApp

ilustrasi cara menambahkan channeel whatsappKompas.com/soffyaranti ilustrasi cara menambahkan channeel whatsapp

Bagi Anda yang ingin bergabung di salah satu Saluran WhatsApp, berikut ini cara menambahkannya.

  • Klik menu pembaruan WhatsApp
  • Gulir ke bawah sampai menemukan menu "Saluran". Di bagian ini pengguna disajikan dengan rekomendasi akun Channel WhatsApp yang bisa diikuti
  • Selain dari rekomendasi itu, pengguna juga bisa klik opsi “Cari Saluran” untuk menemukan sendiri akun saluran yang hendak diikuti sesuai keinginan
  • Pada opsi “Cari Saluran”, pengguna bisa mencari akun saluran berdasarkan beberapa kategori, seperti “paling aktif”, “populer”, atau “wilayah”
  • Setelah menemukan channel yang sesuai keinginan, silakan klik ikon tambah dan channel bakal otomatis ditambahkan ke daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp

Baca juga: Cara Menambahkan Saluran WhatsApp buat Dapat Informasi Terkini

Saat berhasil ditambahkan, tampilan daftar status WA bakal berubah menjadi horizontal atau menyamping seperti tampilan Instagram Story. Demikian cara membuat Channel WhatsApp dan menambahkannya untuk mendapatkan berita terkini dari akun tertentu. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com