Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Saluran WhatsApp untuk Apa? Begini Penjelasan Fungsinya

Kompas.com - 30/09/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saluran WhatsApp atau Channel WhatsApp merupakan fitur terbaru dari WA yang muncul awal September 2023. Fitur ini mirip dengan Channel Telegram yang memungkinkan pengguna mendapatkan berita terkini dari akun yang diikutinya.

Misalnya saja pengguna mengikuti akun BMKG, maka akun yang tergabung akan menerima berita terbaru terkait BMKG. Fitur ini juga bersifat komuniikasi satu arah. Artinya, hanya admin channel yang bisa mengirimkan pesan.

Pengguna yang bergabung hanya bisa memberikan reaksinya menggunakan emoji. Pembaruan ini juga memberikan sedikit perubahan pada tampilan status WhatsApp. Di tab "Status" kini berganti menjadi menu "Update/Pembaruan".

Selain itu bagi pengguna WhatsApp yang mengikuti Channel tertentu akan disuguhkan dengan tampilan status WA yang berubah menjadi horizontal mirip dengan Instagram Story. Lantas apa fungsi Saluran WhatsApp? Begini penjelasannya.

Baca juga: Cara Buat Channel WhatsApp Mirip Telegram beserta Fungsi-fungsinya

Mendapatkan informasi terkini

Bagi pengguna yang ingin mengikuti Channel WA dari akun instansi/perusahaan, atau organisasi tertentu, adanya Saluran WhatsApp memudahkan pengguna menerima berita terbaru.

Misalnya pengguna mengikuti channel media teknologi, maka dengan mengikuti Saluran WA, Anda tidak akan ketinggalan berita terbaru terkait teknologi.

Menyiarkan informasi ke banyak orang

Channel WhatsApp bisa dimanfaatkan bagi sebagian pengguna instansi, perusahaan, atau organisasi untuk bisa menyiarkan informasi ke banyak orang secara bersamaan lebih mudah dan cepat.

Terutama jika informasi yang dibagikan bersifat penting. Misalnya saja berita trending, informasi lalu lintas, himbauan penting, dan lainnya.

Interaksi secara anonim

Di Channnel WhatsApp, hanya akun yang berperan admin yang bisa mengirim pesan. Sehingga pengguna yang tergabung di Channel WhatsApp hanya bisa memberikan respon lewat reaksi emoji.

Konten-konten yang dibagikan di Channel WhatsApp pun berupa foto, video, teks, polling, atau dokumen. Interaksi minim akan membantu menjaga keamanan data pengguna. Selain itu admin dan antarpengguna yang berada di satu kanal tidak dapat melihat nomor telepon pribadi.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Fitur Channel dan Komunitas di WhatsApp

Demikian ulasan mengenai Saluran WhatsApp dan beberapa fungsinya. Bagi Anda yang ingin bergabung di salah satu Channel WhatsApp, dapat mengikuti tutorialnya di artikel "Cara Menambahkan Saluran WhatsApp buat Dapat Informasi Terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com