Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Gram Fold Resmi, Laptop 17 Inci dengan Layar Lipat

Kompas.com - 26/09/2023, 09:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Laptop dengan layar lipat mulai banyak bermunuculan di pasaran. Baru saja HP memperkenalkan Spectre Foldable PC pada pertengahan September, sekarang giliran LG meluncurkan produk serupa.

Bernama LG Gram Fold, laptop ini dibekali layar sentuh OLED 17 inci (2.560 x 1.920, 4:3) yang bisa dilipat di bagian tengah. Ketika ditekuk, masing-masing bagian layarnya pun menjadi berukuran 12 inci (1.920 x 1.280) dengan aspect ratio 3:2.

Sebuah keyboard bluetooth dapat digunakan dengan cara ditempelkan di salah satu bagian layar yang ditekuk sehingga LG Gram Fold berubah menjadi layaknya laptop 12 inci konvensional.

Baca juga: HP Spectre Foldable Bisa Jadi PC Desktop, Laptop, dan Tablet Sekaligus

Pengguna juga bisa menggunakan keyboard secara terpisah, misalnya dengan ditaruh di meja, sehingga layar LG Gram Fold bisa dibentangkan menjadi ukuran penuhnya selebar 17 inci.

Sebuah kickstand disediakan untuk menopang laptop dalam posisi berdiri di meja, ketika digunakan dengan keyboard secara terpisah. Kickstand tersebut sekaligus berfungsi sebagai cover untuk melindungi LG Gram Fold.

Jika ingin menggunakannya tanpa keyboard tambahan, setengah bagian layar LG Gram Fold yang berada di sisi bawah pun bisa menampilkan virtual keyboard jika dilipat.

LG Gram FoldLG LG Gram Fold

Soal ketahanannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (26/9/2023), LG mengeklaim bahwa engsel layar Gram Fold bisa tahan dibuka-tutup sebanyak paling tidak 30.000 kali.

Angka tersebut kelihatan sedikit dibanding smartphone lipat, tapi pengguna agaknya tidak akan terlalu sering buka-tutup laptop, dibanding ponsel.

Bodi ringan, tapi bertenaga

LG Gram Fold memiliki ketebalan kurang dari 1 cm ketika layarnya dibentangka. Bobotnya 1,2 kg, termasuk ringan untuk ukuran laptop 17 inci, bahkan lebih enteng dibandingkan laptop konvensional Gram 17 inci yang juga buatan LG.

Meskipun ringkas, di dalamnya terdapat hardware bertenaga. LG menanamkan prosesor Intel generasi ke-13, yakni Core i5-1335U (10 core, 12 thread) yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 6000 dan SSD 512 GB.

Prosesor yang dignakan lebih baru dibandingkan laptop layar lipat lainnya yang masih banyak mengandalkan CPU Intel Core generasi ke-12.

Baca juga: Honor V Purse Meluncur, Ponsel Lipat yang Bisa Disulap Jadi Tas Kecil

LG Gram Fold dibekali webcam FHD Windows Hello yang akan bertengger di sisi atas ketika layar laptop dilipatLG LG Gram Fold dibekali webcam FHD Windows Hello yang akan bertengger di sisi atas ketika layar laptop dilipat
LG Gram Foldable turut dibekali baterai berkapasitas 72 Wh yang bisa diisi via USB C dengan charger 65 watt yang disediakan. Ada dua konektor USB, salah satunya mendukung interface Thunderbolt 4.

Layar LG Gram Foldable mendukung pen input dan diklaim memiliki cakupan color space DCI-P3 sebesar 99,5 persen. Di salah satu sisinya, yang akan berada di atas ketika laptop dilipat, terdapat sebuah webcam FHD dengan face recognition Windows Hello.

LG sudah meresmikan Gram Fold, tapi baru di pasaran domestiknya di Korea Selatan, di mana laptop lipat ini dibanderol 4,99 juta won atau sekitar Rp 57,4 juta.

Belum diketahui apakah LG Gram Fold juga akan dipasarkan di luar Korea Selatan atau tidak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com