Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Kata "One More Thing" yang Sering Diucapkan Pendiri Apple Steve Jobs

Kompas.com - 06/10/2023, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Apple, Steve Jobs menjadi sosok berpengaruh di dunia teknologi. Komputer Mac, iPhone, dan sederet produk Apple lainnya menjadi saksi bagaimana pemikiran Jobs yang jauh ke depan.

Meski Steve Jobs telah tiada, kenangan pendiri Apple itu masih membekas di benak pencinta teknologi. Salah satunya tentang frasa "One more thing" yang sering diucapkan oleh Jobs saat presentasi di panggung Apple.

"One more thing" atau dalam bahasa Indonesia berarti "satu hal lagi", adalah frasa yang sebenarnya biasa dipakai orang-orang. Namun di acara peluncuran Apple, frasa itu menjadi hal yang cukup spesial dan dinantikan.

Saking dinantikannya, setiap Jobs berkata "one more thing", saat itu pula audiens riuh dan bertepuk tangan.

Baca juga: Mengenang 12 Tahun Kepergian Steve Jobs, Sang Pendiri Apple

Sebab, frasa itu menunjukkan bahwa Apple memiliki kejutan untuk pengguna. Umumnya kejutan tersebut berupa produk baru baik perangkat maupun pembaruan layanan perusahaan.

Berawal dari iMac

Frasa one more thing diperkirakan pertama kali dipakai dalam acara peluncuran produk Apple Januari 1999.

Saat itu, frasa tersebut dipakai Steve Jobs untuk memperkenalkan iMac G3, komputer all-in-one Apple yang belakangan jadi populer.

Namun momen yang paling berkesan adalah saat Stve Jobs menggunakan frasa one more tihing untuk mengenalkan iPod generasi pertama, yaitu pada 2001. Berkesan karena momen itu menandai transformasi Apple ke produk elektronik konsumen.

Frasa itu juga terus dipakai Jobs di tahun-tahun selanjutnya, bahkan hampir di setiap presentasi saat meluncurkan produk baru Apple.

Menyusul produk Apple yang kian beragam, seiring waktu, makna frasa one more thing yang dilontarkan Steve Jobs agak berubah. Frasa itu selanjutnya merujuk pada berbagai pengumuman inovatif Apple, bukan lagi pada satu produk Apple saja.

Contohnya pada tahun 2007, Steve Jobs memakai frasa itu untuk mempresentasikan peluncuran iPhone. Menurut Jobs, iPhone mewakili tiga produk revolusioner.

Pertama iPod berlayar lebar, kedua, ponsel revolusioner, dan ketiga, perangkat yang menunjang komunikasi internet.

Berbagai produk baru Apple lain di tahun-tahun selanjutnya juga diluncurkan dengan frasa one more thing. Beberapa di antaranya yaitu saat peluncuran browser Safari untuk Windows pada tahun 2007, FaceTime pada tahun 2010 hingga fitur iTunes Match pada tahun 2011.

Pendiri Apple Steve Jobs saat bersiap memperkenalkan Mac 2010Apple Pendiri Apple Steve Jobs saat bersiap memperkenalkan Mac 2010

Pada tahun 2011 itulah, atau saat konverensi pengembang tahunan Apple (Worldwide Developers Conference/WWDC) berlangsung itu, menandai terakhir kalinya frasa one more thing diucapkan oleh Steve Jobs di panggung Apple.

Sebab, beberapa bulan setelahnya Steve Jobs menghembuskan nafas terakhir pada 5 Oktober 2011, di kediamannya yang berlokasi di Palo Arto, California.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com