Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Dashcam Mobil? Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 07/10/2023, 13:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menggunakan mobil sebagai alat mobilitas sehari-hari, tentu terdapat beberapa alat yang harus disertakan untuk mendukung keamanan dalam berkendara. Salah satunya dashcam mobil.

Dashcam mobil sendiri umum digunakan di luar negeri dan dipasang dengan tujuan agar dapat merekam situasi lalu lintas dari perspektif pengemudi selama perjalanan.

Mengapa dashcam penting terpasang di mobil? Selengkapnya berikut ini penjelasan pengertian dashcam mobil, manfaat, hingga cara kerjanya.

Baca juga: 70mai Omni Meluncur, Dashcam 360 Derajat Pertama di Dunia

Apa itu dashcam mobil?

Dashcam adalah singkatan dari "dashboard camera" atau kamera dasbor. Ini adalah perangkat keamanan atau kamera video yang dipasang di dalam kendaraan, terutama di depan atau di atas dashboard mobil.

Tujuan utama dashcam adalah merekam gambar dan video dari perspektif pengemudi selama perjalanan. Dashcam biasanya dipasang di mobil untuk merekam video saat Anda sedang berkendara.

Kamera ini bisa sangat membantu jika Anda perlu klaim asuransi atau memberikan bukti tentang kejadian penting, seperti kecelakaan atau situasi darurat lainnya. Dengan rekaman dari kamera ini, kita memiliki bukti yang jelas tentang apa yang terjadi.

Fungsi Dashboard Camera

Kamera dasbor atau dashcam berguna untuk merekam dan menyimpan video penting dalam berbagai kondisi. Berikut ini uraian fungsi lainnya. 

Sebagai bukti kecelakaan

Dashcam merekam video selama perjalanan, yang dapat digunakan sebagai bukti dalam kasus kecelakaan lalu lintas. Rekaman ini dapat membantu mengklarifikasi siapa yang bertanggung jawab dalam situasi kecelakaan.

Klaim asuransi

Rekaman dari dashcam bisa digunakan untuk membantu klaim asuransi terkait insiden lalu lintas. Ini membantu memperkuat klaim dan memfasilitasi proses klaim asuransi. 

Keamanan kendaraan

Dashcam dapat memantau dan merekam aktivitas di sekitar kendaraan saat kendaraan terparkir. Hal ini dapat membantu melindungi kendaraan dari pencurian, vandalisme, atau tindakan kriminal lainnya.

Baca juga: Cara Membuat HP Android atau iPhone Jadi CCTV

Cara kerja dashcam mobil

Kamera dasbor akan terhubung ke mobil melalui kabel. Dari segi pemasangan dan daya, dashcam akan terhubung ke mobil melalui kabel bisa ke kunci kontak mobil, stopkontak 12 volt, atau langsung ke sistem listrik mobil. Saat mobil dinyalakan, dashcam mendapatkan daya dan siap merekam.

Tak hanya itu, dalam beberapa kasus pengguna bisa melihat video dashcam secara langsung via aplikasi. Artinya, pengguna bisa melihat klip video atau rekaman kapan saja.

Selain itu beberapa kamera dasbor memiliki fitur lanjutan seperti mode parkir, pelaporan asuransi, dan berbagai fitur lainnya tergantung pada modelnya.

Dari segi durasi, rekaman dashcam dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kapasitas penyimpanan memori, pengaturan kualitas video, dan apakah dashcam menggunakan perekaman loop.

Dilansir dari gearrice, dashcam dapat menyimpan sekitar 1,5 hari perekaman pada satu kartu Micro SD 256GB.

Di mana meletakkan kamera dashcam? Untuk hasil yang maksimal, dashcam bisa diletakkan di tempat paling umum yaitu di depan cermin dalam mobil atau kaca depan di tengah atau di sebelah pengemudi. Ini memberikan pandangan depan yang baik dari jalan dan aktivitas lalu lintas.

Baca juga: Mobil Tesla Bisa Dioperasikan Pakai iPhone

Demikian ulasan mengenai dashcam, fungsi, dan cara kerjanya. Dilansir dari beberapa marketplace di Indonesia, harga dashcam sendiri bervariasi tergantung pada fitur-fitur yang dimiliki.

Umumnya berkisar Rp 500.000 hingga Rp 3 juta. Selain itu sebelum menggunakan dashcam, penting untuk tetap memperhatikan etika dan mematuhi hukum dan regulasi daerah setempat yang berlaku.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com