Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta Latih AI Pakai Posting Pengguna Facebook dan Instagram

Kompas.com - 09/10/2023, 09:06 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Meta Inc mengakui bahwa perusaaan menggunakan konten pengguna di Facebook dan Instagram, untuk melatih asisten kecerdaan buatan (artificial intelligence/AI) baru perusahaan yang disebut Meta AI.

Presiden urusan global Meta, Nick Clegg, menjelaskan bahwa konten yang digunakan untuk melatih AI-nya, termasuk postingan berbasis teks dan foto.

Meski begitu, Meta memastikan bahwa konten yang dipakai adalah konten publik, bukan konten yang bersifat pribadi seperti konten yang hanya dibagikan ke teman atau keluarga pengguna.

Clegg juga menegaskan perusahaan tidak menggunakan chat pribadi untuk melatih Meta AI.

Nah, untuk memilah antara konten publik dengan konten pribadi, Clegg berkata bahwa Meta menerapkan sejumlah langkah agar AI-nya tidak keliru. Namun, rincian teknisnya tidak begitu dipaparkan.

Clegg menyontohkan bahwa Meta AI tidak memakai konten di situs LinkedIn karena lebih banyak data pengguna yang bersifat pribadi.

"Kami mencoba mengecualikan kumpulan data yang memuat lebih banyak informasi pribadi," kata Clegg.

Aneka posting publik di Instagram dan Facebook tadi dipakai Meta untuk melatih Emu, model bahasa besar baru yang bisa menghasilkan gambar dari perintah berbasis teks.

Baca juga: Chatbot Bing Kebagian AI Dall-E, Bisa Bikin Gambar dari Perintah Teks

Jadi, tugas pengolah gambar didasarkan pada Emu. Adapun fungsi Meta AI yang berbasis obrolan, didasarkan pada model bahasa besar Llama 2.

Terlepas dari pernyataannya yang gamblang mengakui hal di atas, Clegg mengatakan bahwa akan ada sejumlah orang yang keberatan dengan konten yang dipakai untuk melatih Meta AI. Contohnya, konten publik yang dilindungi hak cipta.

Untuk itu, Meta sedang mempertimbangkan cara untuk menangani konten tersebut, khususnya ketika direproduksi oleh Meta AI, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insiders, Senin (9/10/2023).

Hadir di WhatsApp hingga Instagram

Adapun Meta AI belum lama ini diperkenalkan oleh Meta. Asisten virtual berbasis AI generatif ini berjalan seperti chatbot ChatGPT.

Meta AI kini tersedia lewat aplikasi WhatsApp, Messenger, dan Instagram. Dengan begitu, akses ke Meta AI bakal lebih mudah karena tanpa perlu instal aplikasi terpisah sebagaimana ChatGPT.

Layanan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif itu diumumkan Meta dalam konferensi tahunan perusahaan, Connect 2023.

Seperti chatbot milik OpenAI, ChatGPT, Meta AI juga menawarkan percakapan yang canggih. Namun, berkat kerja sama Meta dengan Microsoft Bing, Meta AI bisa menampilkan hasil web yang real-time.

Baca juga: Tren Foto AI Yearbook ala Buku Tahunan Sekolah, Begini Cara Bikinnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com