Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Playoff MPL S12 Dimulai Hari Ini, Geek Fam dan Bigetron Alpha Main

Kompas.com - 11/10/2023, 10:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Babak playoff Mobile Legends Professional League Season 12 (MPL S12) dimulai hari ini, Rabu (11/10/2023). Playoff MPL S12 akan dimulai dengan dua pertandingan di babak awal.

Peratndingan tersebut mencakup laga antara Geek Fam ID melawan Dewa United Esports pada pukul 12.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan laga Bigetron Alpha melawan Rebellion Zion pukul 17.30 WIB.

Keempat tim yang bertanding di babak awal ini adalah tim yang menduduki posisi empat terbawah di klasemen akhir babak liga (Regular Season) MPL S12.

Sementara itu, dua tim teratas di klasemen akhir, yakni Onic Esports dan RRQ langsung masuk ke tangga turnamen atas atau upper bracket.

Keempat tim yang berada di babak awal akan langsung tereliminasi apabila kalah dalam satu pertandingan. Sementara tim yang kalah di upper bracket akan turun ke lower bracket.

Match di babak playoff akan dimainkan dalam format lima game terbaik (Best of 5/BO5), sehingga tim dinyatakan menang jika sudah meraih skor 3-0, 3-1, atau 3-2.

Format pertandingan akan berubah di babak grand final menjadi tujuh game terbaik (Best of 7/BO7), jadi tim disebut menang setelah meraih skor 4-0, 4-1, 4-2, atau 4-3.

Laga sebelumnya

Terkait Geek Fam ID dan Dewa United Esports, kedua tim ini sebenarnya sudah pernah bertemu sebanyak dua kali di babak liga, yakni pada pekan ketiga hari pertama dan pekan ketujuh hari kedua.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game MOBA Alternatif Mobile Legends

Pada dua pertandingan ini, Dewa United Esports berhasil "meratakan" Geek Fam ID dengan skor 2-0.

Namun, yang menjadi catatan adalah setiap match tersebut berlangsung lebih dari 15 menit, sehingga setidaknya Geek Fam ID masih melakukan perlawanan, meski tidak dicerminkan oleh skor akhir pertandingan.

Kini, dalam match do-or-die, Geek Fam ID harus segera melancarkan balas dendam jika ingin melanjutkan perjalanannya di babak playoff.

Terlepas dari itu, posisi Dewa United Esports saat ini menjadi istimewa, mengingat MPL S12 merupakan debut tim ini di turnamen skala nasional itu. Meski baru pertama kali, tim ini langsung lolos ke babak playoff.

Pertandingan di babak awal disusul dengan match antara Bigetron Alpha dan Rebellion Zion. Sedikit kilas balik, head to head kedua tim ini di babak liga berakhir dengan skor 1-1.

Bigetron Alpha memenangkan match pekan ketiga hari ketiga dengan skor 2-0. Kemudian, Rebellion Zion melakukan balas dendam di pekan ketujuh hari pertama dengan skor 2-0.

Duo tim ini bisa dikatakan menarik karena pada babak liga, mereka memiliki jumlah poin, menang-kalah pertandingan, dan persentase kemenangan match, yang sama. Perbedaan hanya terletak di jumlah menang-kalah ronde game dan persentase kemenangan ronde.

Jadwal playoff MPL S12 hari ini

Selengkapnya, berikut ini jadwal MPL S12 hari ini, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman Instagram MPL Indonesia, Rabu (11/10/2023):

Baca juga: 10 Atlet E-sports Indonesia dengan Penghasilan Terbesar, Capai Rp 7 Miliar

  • Match 1: Geek Fam ID vs Dewa United Esports - 12.30 WIB
  • Match 2: Bigetron Alpha vs Rebellion Zion - 17.30 WIB

Cara menonton playoff MPL S12

Semua pertandingan babak playoff MPL ID S12 bisa disaksikan secara offline dengan datang langsung ke venue di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pengguna juga bisa menyaksikan keseruan playoff MPL S12 secara online, di kanal YouTube MPL Indonesia lewat tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com