Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Tanda Lingkaran Titik-titik di Tab Google Chrome?

Kompas.com - 15/10/2023, 12:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Tab browser atau menu browser yang diakses pengguna biasanya cukup banyak karena mencakup beberapa akses ke halaman tertentu. Hal ini juga sejalan dengan kebutuhan pengguna saat menggunakan peramban.

Namun jika diperhatikan, beberapa pengguna merasakan terdapat perbedaan ketika membuka beberapa tab browser tersebut. Tab yang tidak diakses dalam beberapa jam atau terlalu lama biasanya akan muncul tanda titik-titik melingkar.

Bagi sebagian pengguna, tampilan tab melingkar dengan titik-titik yang muncul tersebut menjadi hal yang asing. Lantas apa arti tanda lingkaran titik-titik di tab Google Chrome? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Google Chrome atau Edge, Mana yang Lebih Baik? Ini Perbandingannya

Arti titik-titik lingkaran

Dilansir dari laman The Verge, arti titik-titik lingkaran pada Google Chrome mengartikan bahwa terdapat tab yang sedang tidak aktif. Untuk mengaktifkannya kembali, dan menghilangkan titik-titik di lingkaran, Anda hanya perlu mengklik tab browser dan mengaksesnya kembali.

Fitur titik-titik lingkaran ini muncul karena adanya fitur dari Google Chrome yaitu penghemat memori Chrome atau Memory Saver yang sengaja aktif atau tidak sengaja diaktifkan oleh pengguna.

Fitur penghemat memori Chrome sebenarnya sudah hadir sejak 2022 lalu. Memory Saver merupakan fitur atau mode hemat memori dari Google Chrome yang berguna untuk mengurangi penggunaan memori RAM hingga 30 persen dengan cara mengalihkan tab yang tidak aktif ke mode tidur (sleep).

Sehingga titik-titik yang muncul tersebut menandakan tab  dalam keadaan “Sleep” dan tidak aktif. Tab yang tidak aktif tersebut pun tidak membutuhkan penggunaan memori yang banyak. Fitur ini hadir berguna agar Chrome tidak memakan cukup banyak memori sehingga PC atau laptop tetap hemat baterai dan penggunaan ruang. 

Kendati demikian apabila Anda merasa kurang nyaman dengan tampilan tersebut, Google Chrome menyediakan fitur penonaktifan Memory Saver. Berikut ini cara menonaktifkannya.

Cara menonaktifkan memory saver Google Chrome

Ilustrasi cara menonaktifkan memory saverKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menonaktifkan memory saver

  • Pilih Pengaturan dengan klik ikon titik tiga di pojok kanan
  • Pilih “Performance”
  • Geser toggle ke kiri untuk menonaktifkan memory saver

Baca juga: Cara Mengunci Tab Incognito Google Chrome di iPhone biar Tak Dibuka Sembarangan

Demikian ulasan mengenai arti tanda lingkaran titik-titik di tab Google Chrome. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com