Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome Punya Fitur "Copy Video Frame", Mudahkan "Screenshot" Video di Laptop

Kompas.com - 03/09/2023, 13:41 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peramban (browser) Google Chrome meluncurkan fitur baru yang dapat mempermudah pengguna mengambil tangkapan layar (screenshot/ss) dari sebuah video. Fitur baru itu bernama salin bingkai video alias "Copy Video Frame".

Kehadiran fitur ini diumumkan langsung oleh Manajer Produk Search di Chrome, Yana Yushkina lewat sebuah posting di blog Google. Fitur Copy Video Frame ini memungkinkan pengguna bisa menyalin gambar dari video yang ada situs web, yang dibuka lewat browser Chrome.

Yana Yushkina menyebutkan, fitur ini bisa berguna bagi pelajar yang ingin menangkap gambar penting dari rekaman kuliah yang diunggah di situs web. Misalnya, video yang diunggah di YouTube

Baca juga: Chatbot AI Bing Resmi Hadir di Chrome, Bisa Dicoba di Indonesia

Google Chrome meluncurkan fitur baru bernama Copy Video Frame. Fitur ini dapat mempermudah pengguna mengambil tangkapan layar (screenshot/ss) dari sebuah video yang ada di situs web di Chrome.Blog Google Google Chrome meluncurkan fitur baru bernama Copy Video Frame. Fitur ini dapat mempermudah pengguna mengambil tangkapan layar (screenshot/ss) dari sebuah video yang ada di situs web di Chrome.
Nantinya, pengguna cukup menjeda bagian video YouTube yang ingin diabadikan. Lalu klik kanan dan pilih opsi "Copy Video Frame", seperti gambar di atas. Setelah itu, pengguna bisa menempelkannya (paste) ke aplikasi lain, Google Docs, WhatsApp, Paint, aplikasi catatan (Notes), dan sebagainya.

Hingga saat ini, belum ada opsi untuk menyimpan gambar video yang disalin langsung ke desktop sebagai file. Jadi, pengguna harus tetap menempel secara manual hasil copy (salinan) video frame ke platform lain, termasuk jika menggunakan fitur Copy Video Frame.

Baca juga: AI Bing Microsoft Bakal Hadir di Google Chrome dan Safari

Dengan fitur baru Copy Video Frame, pengguna Chrome bisa mendapatkan salinan video yang lebih jernih dan kualitas yang lebih tinggi, dibandingkan ketika melakukan screenshot dengan cara manual, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Minggu (3/9/2023).

Akan tetapi, fitur "Copy Video Frame" ini tampaknya tidak akan bisa digunakan pada video yang disajikan di aplikasi streaming berbayar. Sebab, platform tersebut biasanya membatasi kemampuan screenshot layar untuk melindungi hak cipta konten.

Fitur baru Copy Video Frame diluncurkan mulai 31 Agustus 2023 untuk browser Google Chrome di Windows, Mac, Linux, dan ChromeOS. Namun, pantauan KompasTekno, Jumat siang, fitur ini belum muncul atau tersedia di Google Chrome versi 116.0.5845.141 di perangkat Windows.

Penggelontoran fitur baru biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 hari untuk bisa dinikmati ke seluruh pengguna. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com