Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur-fitur Web Browser dan Fungsinya dalam Mengakses Internet

Kompas.com - 15/10/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa hal dasar yang perlu diketahui pengguna ketika sedang belajar mengoperasikan browser untuk mengakses internet. Salah satunya seperti fitur-fitur pada web browser.

Dalam mengakses internet, browser dibekali dengan sejumlah fitur. Pengetahuan atas fitur-fitur pada web browser dapat memudahkan pengguna mengoperasikan program tersebut untuk mengakses internet.

Baca juga: Melihat Kebangkitan dan Kejatuhan Web Browser Sebelum Era Google Chrome

Lantas, apa saja fitur yang terdapat pada web browser? Bila tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fitur-fitur pada web browser.

Fitur-fitur pada web browser

Untuk diketahui, Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW). Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet. Saat ini, terdapat beberapa browser yang biasa dipakai untuk mengakses internet.

Beberapa browser yang cukup populer dipakai, antara lain seperti Mozilla, Chrome, dan Safari. Browser-browser seperti itu biasanya memiliki fitur yang berbeda. Meski berbeda, terdapat fitur yang secara umum tersedia di browser.

Adapun fitur web browser yang umum tersedia adalah sebagai berikut:

  • Tombol Refresh: Fitur ini berfungsi untuk menyegarkan kembali halaman website yang tengah dibuka:
  • Tombol Go Forward: Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke halaman website selanjutnya yang pernah dibuka.
  • Tombol Go Back: Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke halaman website sebelumnya yang pernah dibuka.
  • Tombol Stop: Fitur ini berfungsi untuk membatalkan atau menghentikan browser dalam memuat halaman website atau konten online di internet.
  • Bilah alamat URL: Fitur ini berfungsi sebagai tempat untuk pengguna bisa memasukkan alamat website yang hendak dituju.
  • Tab Browsing: Fitur ini memungkinkan pengguna membuka beberapa halaman web dalam tab yang terpisah, sehingga dapat dengan mudah berpindah antara halaman web yang berbeda.
  • Bookmark: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengatur situs web yang sering mereka kunjungi agar dapat diakses dengan mudah di kemudian hari.
  • History: Fitur ini memungkinkan browser untuk menyimpan data jejak kunjungan pengguna di semua website. Pengguna juga bisa mengunjungi lagi website yang pernah dikunjunginya dari data jejak kunjungan di History.
  • Popup Blocker: Fitur ini berfungsi melindungi pengguna dari iklan pop-up yang mengganggu.
  • Download Manager: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan melacak file yang mereka unduh dari internet.
  • Pengelola kredensial: Fitur ini dapat menyimpan data kredensial atau data akun pengguna berisi username dan password yang dipakai untuk login ke website atau platform online.
  • Pengelola History: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus riwayat penjelajahan, cache, dan cookie untuk menjaga privasi mereka.
  • Incognito atau Private Mode: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet tanpa menyimpan riwayat penjelajahan dan cookie.
  • Pengaturan keamanan: Fitur ini Memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi pengaturan keamanan, seperti pengaturan untuk menghentikan unduhan berbahaya atau memblokir situs web tertentu.
  • Pengaturan tampilan: Fitur ini berfungsi agar pengguna dapat menyesuaikan tampilan browser, termasuk tema dan ukuran font.
  • Pengaturan search engine: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur mesin pencari utama yang bakal dipakai.
  • Extension: Fitur Extention atau Ekstensi memungkinkan pengguna untuk menginstal program mini yang dapat menambah fungsionalitas browser.

Itulah fitur-fitur pada web browser yang umum tersedia. Dengan mengetahui fitur-fitur pada web browser, pengguna dapat lebih mudah untuk mengoperasikannya saat tengah mengakses internet.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Fungsi browser

Dari fitur-fitur di atas, web browser memiliki beberapa fungsi dalam mengakses internet. Lantas, apa saja fungsi browser? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan beberapa fungsi browser.

1. Membuka halaman website

Browser berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam membuka halaman website di internet melalui alamat URL. Web browser dapat mengarahkan pengguna ke halaman website sesuai dengan alamat URL yang ingin dituju.

2. Menampilkan konten dari website

Selain membuka, browser juga berfungsi untuk menampilkan konten yang dimuat oleh website. Browser dapat menampilkan konten dengan berbagai format dari halaman website ke pengguna, seperti konten gambar, audio, dan video.

3. Memudahkan dalam menjelajahi website

Fungsi browser yang berikutnya adalah memudahkan pengguna dalam menjelajahi website. Di browser, tersedia fitur navigasi seperti “Back” dan “Forward”. Fungsi kedua tombol tersebut adalah untuk mengarahkan pengguna kembali ke halaman web yang telah dibuka.

4. Menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi

Ketiga, fungsi browser adalah memudahkan pengguna dalam menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi. Browser memiliki fitur Bookmark. Jika sering mengunjungi situs web tertentu, pengguna dapat menandainya atau Bookmark di browser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com