Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onic Esports Juara MPL S12, Tiga Kali Berturut-turut sejak Season 10

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2023, 06:27 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Onic Esports imenjuarai Mobile Legends Professional League Indonesia Season 12 (MPL S12), setelah mengalahkan Geek Fam ID di babak grand final yang digelar di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/10/2023).

Kemenangan Onic Esports ini menjadikan mereka sebagai tim e-sports MLBB pertama di Indonesia yang mendapatkan gelar juara MPL ID selama tiga kali berturut-turut. Onic Esports sebelumnya juga menjuarai MPL S10 dan MPL S11.

Pertandingan di grand final MPL S12 antara Onic Esports dan Geek Fam bisa dibilang cukup alot. Kedua tim bermain dengan performa maksimal, dan saling mengalahkan.

Dengan kemenangan ini, Onic Esports berhak memperoleh hadiah dengan porsi terbesar dari total 336.500 dollar AS (Rp 5 miliar).

Onic Esports menjuarai Mobile Legends Professional League Indonesia Season 12 (MPL S12). Gelar ini diperoleh setelah mengalahkan Geek Fam ID di pertandingan grand final, Minggu (15/10/2023). KOMPAS.com/Bill Clinten Onic Esports menjuarai Mobile Legends Professional League Indonesia Season 12 (MPL S12). Gelar ini diperoleh setelah mengalahkan Geek Fam ID di pertandingan grand final, Minggu (15/10/2023).

Onic Esports mendominasi dua game pertama

Onic Esports mengambil kemenangan di game perdana grand final MPL S12 dengan skor eliminasi 17-5 dan game dengan durasi singkat sekitar 14 menit.

Kemenangan ini diraih berkat permainan hero Claude dari CW, Fredrinn dari Kairi, serta Gord dari Sanz yang cukup apik dan agresif, sehingga skor sementara menjadi 1-0 untuk Onic Esports.

Dominasi Onic Esports berlanjut pada game kedua, di mana mereka berhasil memenangkan game ini dengan skor eliminasi 23-4 dan durasi game sekitar 19 menit.

Onic Esports saat berlaga di grand final MPL S12, di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Onic Esports saat berlaga di grand final MPL S12, di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/10/2023).

Hero Gord dari Sanz dan Irithel dari CW kembali mengobrak-abrik lini pertahanan kawan-kawan Geek Fam ID.

Bahkan, Sanz tidak tereliminasi sepanjang game, lantaran adanya efek penyembuhan (healing) dari hero Rafaela yang digunakan Kiboy.

Baca juga: 10 Atlet E-sports Indonesia dengan Penghasilan Terbesar, Capai Rp 7 Miliar

Geek Fam ID sempat melawan di game ketiga, tapi ...

Lanjut ke game ketiga, Geek Fam ID sebenarnya sempat memberikan perlawanan dan mampu menahan Onic Esports dalam game berdurasi cukup lama dari dua game sebelumya, yaitu sekitar 21 menit. Mereka juga berhasil mendapatkan 9 poin eliminasi, lebih banyak pula dari dua game sebelumnya.

Permainan Geek Fam ID yang membaik dari dua game sebelumnya ini terjadi berkat Aboy yang menggunakan hero andalannya, yaitu Faramis, dan Luke dengan Terizla.

Namun, Geek Fam ID terpaksa harus kembali menelan kekalahan dari Onic Esports. Hal ini karena kombinasi hero Mathilda dari Kiboy, Ixia dari CW, dan Lylia dari Sanz selalu bisa membuat Geek Fam ID gagal menjalankan strategi menyerang mereka.

Utamanya, Kiboy selalu menyelamatkan kawan-kawannya dari berbagai bahaya yang sedang mereka alami. Game ini membuat Onic Esports berhasil mencetak skor sementara 3-0, sehingga dengan satu kemenangan game lagi, tim Landak Kuning akan mendapatkan gelar juara MPL ID S12.

Geek Fam ID bangkit di game keempat dan kelima

Geek Fam ID tak mengizinkan Onic Esports mendapatkan gelar juara MPL ID S12 dengan cepat. Sebab, mereka berhasil memenangkan game keempat dalam durasi yang cukup singkat, yaitu sekitar 13 menit dan skor eliminasi 7-1.

Sejak awal (early) game, Geek Fam ID melancarkan berbagai jebakan dan serangan yang membuat Onic Esports tak berdaya. Hal ini berkat permainan yang cukup agresif dari Faramis milik Aboy, Akai milik Nnael, dan Rafaela milik Baloyskie.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com