Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Smartphone Terlaris di Dunia: Apple dan Samsung Mendominasi

Kompas.com - 17/10/2023, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset Counterpoint Research menerbitkan laporan tentang smartphone terlaris di dunia pada kuartal II-2023. Melalui laporan itu, Counterpoint merangkum 10 smartphone paling laris berdasarkan penjualannya.

Menurut laporan itu, smartphone yang paling laris di dunia pada periode tersebut adalah dari merek Apple dan Samsung.

Dari 10 perangkat yang dirangkum dalam daftar smartphone terlaris kuartal II-2023 versi Counterpoint, empat di antaranya adalah iPhone besutan Apple. Kemudian enam model lainnya merupakan smartphone dari Samsung.

Lebih rinci, iPhone 14 memimpin daftar smartphone terlaris kuartal II-2023. Smartphone ini dirilis pada September 2022 dalam empat model, meliputi iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Jumlah Smartphone yang Digunakan Penduduk Dunia Tembus 4 Miliar

Menariknya, tiga dari model iPhone 14 series masuk dalam daftar teratas smartphone terlaris. iPhone 14 di posisi puncak, kemudian disusul iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro.

Model iPhone lainnya yang ada dalam daftar itu ialah iPhone 13, menempati posisi keempat dalam daftar smartphone terlaris kuartal II-2023.

Menurut Counterpoint, pertumbuhan iPhone 14 khususnya model reguler, naik di pasar Amerika Utara dan Eropa, bila dibandingkan dengan iPhone 13. Sementara itu model iPhone 14 Pro tumbuh positif di Asia dan Eropa.

Pertumbuhan itu juga membuat sejumlah model iPhone menempati peringkat teratas smartphone terlaris.

Adapun Samsung menyumbang enam model dalam daftar smartphone terlaris di dunia, meliputi model entry level, kelas menengah hingga flagship.

Baca juga: Jadi HP Terlaris di Dunia, Harga iPhone 14 Pro Max Kini Mulai Rp 20 Juta

Model yang paling laris dari Samsung yaitu dari lini seri Galaxy A. Menurut Counterpoint, pertumbuhan Galaxy A sangat kuat di Asia dan Amerika Latin. Kedua wilayah ini bahkan menyumbang hampir 60 persen penjualan Galaxy A-series selama kuartal II-2023.

Keindahan Galaxy A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar.

Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga ramah dengan minyak dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. 
Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red.

Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.KOMPAS.com/Bill Clinten Keindahan Galaxy A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar. Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga ramah dengan minyak dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red. Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.

Dalam daftar smartphone terlaris di dunia, Galaxy A14 menempati peringkat kelima. Hal ini juga mengantarkan perangkat tersebut sebagai smartphone Android terlaris di dunia pada kuartal II-2023. Pasalnya, empat model lainnya didominasi oleh iPhone.

Flagship Samsung, yakni Galaxy S23 Ultra juga masuk dalam daftar smartphone terlaris di dunia pada kuartal II-2023. Smartphone ini laris manis di sejumlah wilayah, utamanya di Amerika Utara dan Eropa Barat. Kedua wilayah ini berkontribusi terhadap hampir dua per tiga penjualan Galaxy S23 Ultra secara global.

Selain Galaxy A14 dan Galaxy S23 Ultra, Galaxy A54 dan Galaxy A14 5G juga masuk dalam daftar smartphone terlaris.

Sebagai informasi, daftar ini didasarkan pada jumlah pengiriman masing-masing smartphone pada kuartal II-2023. Dari data tersebut, Counterpoint menyusunnya berurutan berdasarkan jumlah pengiriman tertinggi.

Dengan kata lain, smartphone yang dikategorikan terlaris adalah smartphone yang menempati peringkat pertama dengan jumlah pengiriman terbanyak.

Berikut rincian daftar smartphone terlaris di dunia kuartal II-2023.

  1. iPhone 14
  2. iPhone 14 Pro Max
  3. iPhone 14 Pro
  4. iPhone 13
  5. Galaxy A14
  6. Galaxy A54
  7. Galaxy A14 5G
  8. Galaxy S23 Ultra
  9. Galaxy A04e
  10. Galaxy A34

Xiaomi tidak ada lagi

Seperti dipaparkan di atas, daftar smartphone terlaris pada kuartal II-2023 diisi oleh Apple dan Samsung. Padahal pada kuartal II-2022, Xiaomi turut masuk dalam daftar tersebut.

Pada periode itu, model ponsel Xiaomi yang laris manis adalah Redmi Note 11 LTE versi global. Smartphone ini menempati posisi ke-10 atau di belakang Galaxy A53 5G dan Galaxy A03 Core.

Redmi Note 11 LTE juga menjadi satu-satunya model ponsel Xiaomi yang masuk dalam daftar smartphone terlaris di dunia kuartal II-2022. Sayangnya pada kuartal II-2023, tidak ada lagi model ponsel Xiaomi yang masuk dalam daftar ponsel terlaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com