Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Rilis Smartphone Mate 60 RS Ultimate Design, Bukan Porsche Lagi

Kompas.com - 27/09/2023, 07:45 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei melengkapi lini Mate 60 series dengan meluncurkan Mate 60 RS Ultimate Design. Smartphone ini merupakan edisi khusus dari jajaran Mate 60.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Huawei memang kerap menghadirkan edisi spesial untuk Mate-series. Namun biasanya produk itu merupakan produk kerja sama dengan produsen mobil Porsche.

Sebelumnya, ponsel edisi spesial itu menggunakan penamaan Porsche Design, sebagaimana Mate 50 RS Porsche Design yang rilis tahun lalu.

Sayangnya, kemitraan Huawei dengan Porsche berakhir tahun lalu. Oleh karena itu, Mate 50 RS Porsche Design menjadi produk terakhir keduanya, setidaknya hingga saat ini.

Adapun "Ultimate Design" merupakan penamaan baru di lini seri produk Huawei. Mate 60 RS Ultimate Design, menjadi perangkat pertama yang dirilis dengan nama baru tersebut.

Terlepas dari perubahan itu, Mate 60 RS Ultimate Design hadir dengan sejumlah spesifikasi yang mumpuni sebagaimana model Mate 60 lainnya. Misalnya pada aspek chipset yang sama-sama memakai Kirim 9000s, layar berpanel LTPO OLED seperti Mate 60 Pro Plus, hingga kamera utama 48 MP.

Baca juga: Huawei MatePad Pro 13.2 Resmi, Tablet Flagship dengan Chip seperti Mate 60 Pro

Spesifikasi Huawei Mate 60 RS Ultimate Design

Huawei Mate 60 RS Ultimate Design tampil dengan layar LTPO OLED 6,82 inci sebagaimana Mate 60 Pro Plus. Layarnya juga punya tiga lubang untuk menunjang kamera depan dan beberapa sensor.

Layar tersebut dibekali dukungan refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate 300 Hz hingga color gamut DCI-P3 100 persen.

Perbedaannya terletak pada desain punggung ponsel. Smartphone ini punya penampang bahan keramik disertai tulisan "Ultimate Design". Ada pula modul kamera berbentuk segi delapan.

Konsep itu berbeda dengan Mate 60 lainnya karena modul kameranya dibentuk seperti lingkaran.

Warna penampang Mate 60 RS Ultimate Design juga bernuansa gelap, berbeda dengan model lainnya yang dibalut dengan penampang berkelir terang.

Pada aspek kamera, Mate 60 RS Ultimate Design punya konfigurasi yang sama seperti Mate 60 Pro Plus, yaitu kamera utama 48 MP dengan aperture yang bisa diatur dari f/1.4 sampai f/4.0. Kamera tersebut juga didukung dengan fitur stabilisasi atau optical image stabilization (OIS).

Dua kamera lainnya yaitu kamera ultrawide 40 MP (f/2.2)dan kamera telefoto ultra-makro 48 MP (f/3.0) yang didukung OIS dan menawarkan zoom optik sampai 3,5 kali atau zoom digital sampai 100x.

Kamera depan Mate 60 RS Ultimate Design berjenis ultra wide dengan resolusi 13 MP (f/2.4) dan kamera kedalaman 3D untuk menunjang fitur pengenal wajah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com