Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Meluncur dengan Chip Tensor G3

Kompas.com - 05/10/2023, 07:36 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Google meluncurkan smartphone terbarunya, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro dalam sebuah acara bertajuk “Made by Google” pada Rabu (4/10/2023) pukul 10.00 waktu Amerika Serikat (AS) atau pukul 21.00 WIB.

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro datang dengan hardware dan software baru dibanding pendahulunya. Kini, Pixel 8 series sama-sama ditenagai oleh chip anyar Tensor G3 bikinan Google.

Chip ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm). Chip Tensor G3 terdiri dari sembilan inti prosesor (CPU). Satu inti utamanya adalah Cortex-X3, empat inti dari Cortex-A715, dan empat lainnya adalah Cortex-A1510.

Chip ini ditemani RAM seluas 8 GB untuk varian reguler dan 12 GB untuk varian Pro. Pixel 8 dan Pixel 8 Pro sama-sama menawarkan kapasitas penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Keduanya juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, sudah tahan terhadap debu dan air.

Fitur baru dari Pixel 8 series yang dapat dipakai untuk mengecek suhu tubuhThe Verge Fitur baru dari Pixel 8 series yang dapat dipakai untuk mengecek suhu tubuh

Khusus Pixel 8 Pro, perangkat ini bisa digunakan untuk mengecek suhu badan, layaknya sebuah termometer.

Cara kerja dari fitur ini akan memindai jari pengguna seperti memindai sebuah objek atau permukaan. Nantinya, sistem dalam perangkat akan mendeteksi berapa suhu tubuh seseorang.

Selain itu, fitur unggulan yang turut diperkenalkan adalah fitur pemindai wajah (face unlock). Tidak hanya dipakai sebagai sistem keamanan perangkat, pemindai wajah juga bisa dimanfaatkan untuk verifikasi pembayaran.

Belum diketahui apakah fitur ini bakal tersedia secara global, atau untuk beberapa wilayah saja.

Spesifikasi Google Pixel 8 Pro

Sebagai varian tertinggi, Pixel 8 Pro datang dengan layar berpanel LTPO OLED atau yang diberi nama “Super Actua”. Layar yang dimiliki seluas 6,7 inci, refresh rate 120 Hz, resolusi Quad HD Plus, dan sudah memiliki tingkat kecerahan maksimal 2.400 nits.

Angka ini mengalami peningkatan dibanding Pixel 7 series yang mentok di angka 1.500 nits. Dengan kebaruan ini, Google mengklaim layar dapat tetap menampilkan tampilan yang terang, walah tengah berada di bawah sinar matahari.

Kasih soal layar, Pixel 8 Pro juga sudah dilapisi kaca pelindung dari Gorilla Glass Victus 2. Layar dihiasi lubang kamera (punch hole) di bagian tengah atas untuk menampung kamera depan wide beresolusi 10.5 MP.

Baca juga: Google Pixel Bikin iPhone 14 Pro Pingsan Berkali-kali

Tampilan layar depan dan belakang Pixel 8 Pro varian warna biruThe Verge Tampilan layar depan dan belakang Pixel 8 Pro varian warna biru
Sementara di bagian punggung, desain yang diusung masih sama seperti pendahulunya. Pixel 8 Pro datang dengan modul persegi panjang dari kanan ke kini. Modul yang menonjol tersebut nyaris didominasi oleh sensor kamera.

Pixel 8 Pro dibekali kamera utama 50 MP (f/1.7) yang dilengkapi Octa-PD (phase-detect autofocus) dan penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization).

Fitur Octa-PD merupakan sebuah metode yang menggabungkan sensor Quad Bayer dan Dual PD untuk meningkatkan kemampuan HDR dengan performa autofokus yang ditingkatkan.

Kamera kedua adalah kamera ultrawide 48 MP yang juga dilengkapi fitur Quad-PD. Satu kamera lainnya adalah telefoto 48 MP dengan zoom optik 5x dan digital zoom 30x bernama Super-Res.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com