Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PC Rasa Laptop" HP Envy Move Dijual di Indonesia 30 Oktober, Ini Harganya

Kompas.com - 19/10/2023, 06:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SYDNEY, KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) memastikan bakal mulai memasarkan perangkat komputer "HP Envy Move" di Indonesia akhir bulan ini atau tepatnya Senin (30/10/2023).

Di Indonesia, HP Envy Move dijual seharga Rp 15,5 juta. Ketersediaan dan harga HP Envy Move diungkap oleh perwakilan tim komunikasi HP untuk Asia dalam sela-sela acara HP X South by Southwest (SXSW) Sydney 2023.

HP Envy Move adalah sebuah produk komputer desktop All-in-One (AiO) portabel terbaru dari HP. HP Envy Move PC bisa ditenteng layaknya koper, sehingga bisa dipakai di mana pun.

Keistimewaan lain dari HP Envy Move PC adalah perangkat bisa menyala tanpa daya listrik langsung. Hal ini berkat adanya baterai 6-cell berkapasitas 83 Wh.

"Dengan baterai tersebut, HP Envy Move dapat bertahan selama empat jam tanpa dicolok ke listrik," kata Market Development Manager HP, Sash Vrgleski saat melakukan presentasi produk ini di Sydney, Australia, Rabu (18/10/2023).

Ketika baterai PC ini habis, pengguna bisa menggunakan adapter power berdaya 90 watt yang sudah disediakan dalam kotak penjuaan. Adapter ini diklaim bisa mengisi daya Envy Move PC 0-50 persen dalam waktu sekitar 45 menit.

Dengan kehadiran baterai, Envy Move PC bisa dibilang memiliki fungsi menyerupai laptop. Namun, perangkat ini memang bukan laptop, karena memiliki desain seperti PC desktop pada umumnya.

Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto yang meliput langsung acara HP X SXSW Sydney 2023 ini berkesempatan memegang langsung PC desktop portabel ini sebelum resmi hadir di Indonesia.

Baca juga: Ketika SXSW 2023 Menyerbu Kota Sydney...

Sebagai PC, HP Envy Move mengunggulkan aspek portabilitas yang tinggi. Pengguna bisa menenteng HP Envy Move dengan pegangan yang ada di sisi atas. Ketika diangkat, dua kaki perangkat ini akan otomatis ditekuk ke arah dalam, sehingga tak terlihat dari luar. Lalu saat ingin ditaruh, dua kaki PC itu akan otomatis muncul kembali.

Ketika dibawa, bobot PC desktop ini kira-kira 4,1 kilogram dengan dimensi 552,3 x 148,6 x 366,6 mm. 

HP Envy Move  dilengkapi kompartemen untuk menyimpan keyboard di bagian belakang. HP menyediakan papan ketik (keyboard) eksternal yang sudah disertai dengan touchpad. Keyboard ini bisa disimpan di kompartemen bagian belakang PC untuk kemudahan pengguna.
HP Envy Move dilengkapi kompartemen untuk menyimpan keyboard di bagian belakang. HP menyediakan papan ketik (keyboard) eksternal yang sudah disertai dengan touchpad. Keyboard ini bisa disimpan di kompartemen bagian belakang PC untuk kemudahan pengguna.
HP Envy Move PC dibekali dengan layar sentuh dengan panel IPS 23,8 inci dengan resolusi QHD (2.560 x 1.440 piksel), tingkat kecerahan 300 nits.

Untuk mengetik dan mengoperasikan komputer, HP menyediakan papan ketik (keyboard) eksternal yang sudah disertai dengan touchpad. Keyboard ini bisa disimpan di kompartemen bagian belakang PC untuk kemudahan pengguna.

Baca juga: Pakai Baterai, PC Desktop HP Bisa Ditenteng seperti Koper

Karena merupakan PC AiO alias All-in-One, semua komponen hardware Envy Move PC, termasuk CPU dan RAM, digabung dalam satu unit dengan layar.

Untuk prosesor, HP Envy Move akan dipasarkan di Indonesia menggunakan proses terbaru Intel generasi ke-13 yaitu Intel Core i3-1315U (up to 4,5 GHz with Intel Turbo Boost) serta Intel Core i5-1335U (up to 4,6 GHz with Intel Turbo Boost). Prosesor ini dilengkapi prosesor grafis (GPU) terintegrasi Iris Xe Graphics.

Perangkat ini memiliki RAM 8/16 GB LPDDR5-6400 MHz dengan storage hingga TB PCIe NVMeTM M.2 SSD.

Fitur pendukung lain yang ada di PC desktop ini mencakup HP Wide Vision Camera 5 MP, Privacy Shutter, konektor USB-A dengan kecepatan 10 Gbps, USB-C berkecepatan 10 Gbps, HDMI, speaker surround, dan masih banyak lagi.

Fitur pendukung lain yang ada di PC desktop ini mencakup HP Wide Vision Camera 5 MP, Privacy Shutter.

Baca juga: Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Masuk Indonesia November, Bisa Jadi Desktop dan Tablet

Selengkapnya, spesifikasi dan harga HP Envy Move di Indonesia bisa disimak melalui tabel berikut ini.

  Spesifikasi HP Envy Move
Layar 23,8 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1440), touch, IPS,
three-sided micro-edge, BrightView, Low Blue Light, 300 nits,
99% sRGB8
Dimensi dan bobot 552,3 x 148,6 x 366,6 mm
4,1 kg
Prosesor Intel CoreTM i3-1315U (up to 4,5 GHz with Intel® Turbo Boost
Technology, 10 MB L3 cache, 6 cores, 8 threads)
Intel Core i5-1335U (up to 4,6 GHz with Intel® Turbo Boost
Technology, 12 MB L3 cache, 10 cores, 12 threads)

Integrated: Intel Iris Xe Graphics

Memori/ storage Memori: 8 GB or 16GB LPDDR5-6400 MHz RAM (onboard)
Storage: Up to 1 TB PCIe NVMeTM M.2 SSD
Audio Bang & Olufsen
Tipe baterai 6-cell, 83 Wh Li-ion polymer, maksimal bateria habis 4 jam
Konektivitas Realtek Wi-Fi 6E RTL8852CE (2x2) and Bluetooth® 5.3 wireless
card
Kamera 5MP
Port 1 USB Type-A 10Gbps
1 USB Type-C 10Gbps
Power 90 Wh, dapat bertahan hingga 4 jam
Warna HP 720 White Touchpad Integrated Bluetooth Keyboard
Sensors
Harga Rp 15,5 juta

 Baca juga: HP Omen Transcend 16 Rilis di Indonesia, Laptop Gaming Layar Mini LED

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com