Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Laptop Mumpuni untuk Desain Grafis, Bisa Dibeli di Indonesia

Kompas.com - 16/09/2023, 10:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sedang mencari laptop untuk desain grafis atau kreasi konten? Meskipun semua laptop sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan tersebut, menggunakan perangkat yang lebih cocok akan menghemat waktu Anda sekaligus mendukung produktivitas

Dalam hal ini ada kriteria tertentu yang mesti diperhatikan dalam memilih laptop. Salah satunya adalah memiliki hardware mumpuni agar bisa menjalankan aneka aplikasi dengan lancar sesuai kebutuhan, baik editing foto dan video ataupun grafis 3D.

Meskipun bertenaga besar, laptop untuk desain grafis idealnya masih cukup ringan ringan sehingga bisa mudah dibawa-bawa jika perlu mengerjakan proyek di lain tempat atau mungkin menunjukkan portfolio.

Baca juga: 5 Tools AI Pembuat Gambar Otomatis Bantu Desain Grafis Cari Referensi Ide

Layar laptop pun sebaiknya berukuran cukup besar, paling tidak 14 inci, dan punya akurasi warna yang bisa diandalkan.

Nah, untuk memberikan gambaran mengenai pilihan apa saja yang tersedia di Indonesia, KompasTekno mengumpulkan 5 laptop kelas atas dari beragam pabrikan. Perangkat-perangkat ini bisa dipertimbangkan untuk keperluan desain grafis atau kreasi konten.

1. Acer ConceptD 3 Ezel Pro (NX.C6LSN.002)

Acer ConceptD 3 Ezel Pro Acer Acer ConceptD 3 Ezel Pro
Perangkat ini merupakan bagian dari lini produk PC desktop dan laptop ConceptD dari Acer yang didesain khusus untuk keperluan desain grafis.

ConceptD 3 Ezel Pro merupakan laptop convertible yang bisa berubah menjadi layaknya tablet dengan touchscreen 14 inci berengsel fleksibel.

Layarnya yang berlapis kaca pelindung Gorilla Glass 5 memiliki fitur koreksi warna terintegrasi dan validasi Pantone dalam mereproduksi warna-warna Pantone Matching System (PMS), serta tingkat akurasi tinggi dengan Delta E<2.

ConceptD 3 Ezel Pro turut dibekali hardware bertenaga. Di Indonesia, laptop ini datang dengan prosesor 8 core Intel Core i7-11800H, RAM DDR4 16 GB, SSD NVMe PCIe Gen3 1 TB, serta GPU profesional Nvidia Quadro T1200 4 GB GDDR6.

Rangkaian konektor yang disediakan terbilang lengkap. Ada SD card reader, mini Display Port, USB C 3.2 tipe A dan C, hingga pemindai sidik jari.

Acer ConceptD 3 Ezel Pro dijual seharga Rp 28.449.000 di Indonesia.

2. Lenovo Yoga Pro 9i (83BU0010ID)

Lenovo Yoga Pro 9i Lenovo Lenovo Yoga Pro 9i
Anggota keluarga Yoga dari Lenovo biasanya dikenal sebagai perangkat convertible, tapi Yoga Pro 9i memiliki form factor layaknya laptop biasa. Layarnya tidak bisa dilepas dan hanya bisa dibuka hingga 175 derajat.

Akan tetapi, bukan berarti laptop ini bisa dipandang sebelah mata, karena di balik tampilannya yang terkesan biasa saja tersimpan hardware mumpuni dan aneka fitur berguna.

Dirancang khusus untuk kreator, layarLenovo Yoga Pro 9i yang berdiagonal 14,5 inci menggunakan panel MiniLED 3K (3.072 x 1.920 piksel, 165 Hz).

Tingkat akurasi warnanya sangat tinggi dengan Delta E<1, berikut cakupan 100 persen untuk gamut sRGB, DCI-P3, dan Adobe RGB. Ditambah fitur Dolby Vision dan TUV Blue Light Certification. Di bagian atas layar bertengger modul Windows Hello.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com