Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Alasan Pengguna yang Menunda Beli iPhone 15

Kompas.com - Diperbarui 20/10/2023, 09:58 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 15 series akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Ponsel terbaru dari Apple ini dijadwalkan akan dijual secara resmi di Tanah Air pada akhir Oktober 2023. Pada Jumat (20/10/2023) dini hari nanti pukul 00.01 WIB, sesi pemesanan awal iPhone 15 series di Indonesia juga akan dibuka.

iPhone 15 series terdiri dari empat model, yakni iPhone 15 versi "reguler", iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 series membawa berbagai kebaruan dibandingkan pendahulunya, mulai dari chip A17 Pro di varian iPhone 15 Pro, poni interaktif Dynamic Island dan port USB-C di semua model, hingga lensa periskop pertama di iPhone 15 Pro Max.

Masalah panas, bug, hingga layar

Meski demikian, sebagian pengguna iPhone memilih untuk menunda beli iPhone 15 series. Mereka enggan untuk upgrade iPhone mereka ke yang lebih baru, salah satunya karena banyaknya laporan masalah yang muncul di iPhone 15 series.

Sebagai informasi, iPhone 15 Series sendiri sudah tersedia lebih dulu di sejumlah negara di luar Indonesia.

Artinya, sudah banyak pengguna di berbagai belahan dunia yang memiliki iPhone terbaru ini, entah iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, atau iPhone 15 Pro Max.

Nah, para pengguna iPhone 15 ini melaporkan mengalami sejumlah isu. Hal itulah yang membuat sebagian orang ragu beralih ke iPhone 15.

Salah satunya adalah Fini Ramdhiani. Kepada KompasTekno, Fini bercerita, awalnya ia tertarik untuk mengganti iPhone miliknya ke iPhone 15 Pro Max. Namun, karena melihat ulasan negatif di media sosial, Fini mengurungkan niatnya.

Baca juga: Ditemukan Lagi Masalah di iPhone 15 Pro Max, Kali Ini soal Layar

"Melihat review masih ada yang bilang gampang panas, lalu ada review di TikTok yang bilang kamera depannya masih kurang," ungkap Fini.

Panas bodi iPhone 15 yang berlebih (overheat) memang merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna.

Kondisi panas berlebih ini terjadi ketika iPhone 15 digunakan menjelajahi media sosial, saat iPhone dicas, ketika bermain game, dan menonton video berkualitas 4K secara intensif.

Apple telah memperbaiki isu overheat lewat pembaruan (update) iOS 17.0.3, yang terbukti memang membuat perangkat menjadi dingin.

Terlepas dari isu panas berlebih, iPhone 15 memang dilaporkan memiliki sejumlah masalah, seperti kamera selfie 12 MP dengan hasil foto yang lebih gelap dan pucat.

Selain itu, iPhone 15 disebut lebih rentan rusak secara fisik dibanding iPhone model lawas. Klaim ini dibuktikan oleh Youtuber yang kerap membongkar gadget, JerryRigEverything.

Baca juga: Pre-order iPhone 15 di Indonesia Dibayangi Sejumlah Masalah Hardware

Bodi titanium iPhone 15 Pro Max tak lolos uji ketahanan YouTuber kenamaan JerryRigEverything. Sebab, bodi belakang iPhone 15 Pro Max retak dan pecah ketika dibengkokkan dalam sekali coba.YouTube/ JerryRigEverything Bodi titanium iPhone 15 Pro Max tak lolos uji ketahanan YouTuber kenamaan JerryRigEverything. Sebab, bodi belakang iPhone 15 Pro Max retak dan pecah ketika dibengkokkan dalam sekali coba.
Hasil temuannya menunjukkan penampang iPhone 15 Pro Max yang retak saat ia menekan dengan kedua jempolnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com