Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Lagi Masalah di iPhone 15 Pro Max, Kali Ini soal Layar

Kompas.com - Diperbarui 19/10/2023, 06:32 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone flagship terbaru Apple, iPhone 15 Pro Max dilaporkan kembali mengalami masalah. Kali ini, sejumlah pengguna iPhone 15 Pro Max mengeluhkan kerusakan layar ponsel berupa screen burn-in.

Screen burn-in adalah perubahan warna permanen pada layar, yang terjadi saat gambar ditampilkan di layar dalam jangka waktu yang lama. Jadi, ikon-ikon widget, aplikasi, atau keyboard iPhone meninggalkan bekas cetakan yang permanen pada layar.

Masalah ini umumnya terjadi pada layar OLED, yakni tipe layar yang digunakan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Namun, perusahaan teknologi umumnya sudah mengetahui cara untuk mencegah isu kerusakan layar ini.

Baca juga: Perbandingan Harga iPhone 15 Pro dan iPhone 14 Pro di Indonesia, Lebih Mahal Rp 1 Juta

Adapun keluhan ini disampaikan lewat berbagai platform, yakni media sosial X (dahulu Twitter), Reddit, dan forum Apple.

Salah satu pengguna X dengan handle @tarunvats33 melaporkan masalah kerusakan layar tersebut, dengan melampirkan sejumlah gambar sebagai bukti.

"Apple iPhone 15 Pro Max dilaporkan mengalami masalah layar burn-in, menambah daftar masalah yang terus bertambah bagi perusahaan (Apple) tahun ini," tulisnya.

Pada ketiga gambar yang dibagikan di atas, pengguna dapat melihat ikon-ikon yang tercetak pada layar. Keyboard, halaman YouTube, sejumlah widget lainnya seperti e-mail dan jam tetap terlihat, meskipun pengguna sama sekali tidak mengakses deretan widget tersebut.

Beralih ke Reddit, pengguna dengan handle @spriteice mengeklaim bahwa iPhone 15 Pro Max miliknya, mengalami burn-in hanya dua minggu setelah dibeli. Hal ini terjadi setelah ia bermain game Solitaire selama total sembilan jam dalam kurun waktu satu minggu.

Ia mengatakan, bekas cetakan ikon ini tidak hilang ketika iPhone dimatikan semalaman. Pengguna tersebut menegaskan bahwa isu seperti ini tidak bisa diterima.

Baca juga: Pre-order iPhone 15 di Indonesia Dibuka 20 Oktober, Ini Link dan Daftar Harganya

"Saya percaya bahwa masalah ini tidak dapat diterima begitu saja. Mengingat, ponsel yang baru saya beli mengalami burn-in setelah penggunaan selama sembilan jam dalam kurun waktu satu minggu. Padahal, iPhone 15 Pro Max memiliki spesifikasi yang terbaik," keluhnya.

Kerusakan yang serupa juga dilaporkan oleh pengguna dengan handle @Surfphysics di forum Apple. Ia menunjukkan keadaan layar yang meninggalkan bekas cetakan keyboard.

"Wow. Ponsel ini baru saya beli dua minggu yang lalu. iPhone 15 Pro Max menjadi smartphone terburuk yang pernah diluncurkan Apple," tulisnya.

Posting tersebut mendapatkan sebanyak 161 reaksi "Me Too", yaitu reaksi yang mencerminkan pengguna lainnya juga mengalami isu yang sama. Kemudian, ada 17 balasan (replies) untuk posting tersebut.

Beberapa balasan tersebut juga menceritakan pengalaman kerusakan layar yang dialami. Pengguna dengan handle @Ohmszy misalnya, mengalami screen burn-in sehingga ikon rewind, play, dan forward di Spotify tercetak secara permanen di layarnya.

Salah satu pengguna bernama @TheLittles mengatakan bahwa isu ini disebabkan karena ponsel terlalu panas (overheat), yakni salah satu masalah yang dialami iPhone 15 Pro Max sebelum Apple memperbaikinya lewat pembaruan (update) iOS 17.0.3.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com