Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Melempem, CEO Apple Sambangi China

Kompas.com - Diperbarui 19/10/2023, 06:10 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook melakukan kunjungan bisnis dadakan ke China pada Senin (16/10/2023) pekan ini. 

Kunjungan Tim Cook ke "Negeri Tirai Bambu" tersebut dilakukan sehari setelah perusahaan riset Counterpoint Research mengeklaim bahwa iPhone 15 kurang laku apabila dibandingkan dengan iPhone 14.

Dalam laporan mereka, penjualan iPhone 15 di minggu-minggu awal menurun 4,5 persen jika dibandingkan dengan iPhone 14 pada periode yang sama. 

Nah, karena kunjungan Tim Cook dilakukan sehari setelah laporan ini dirilis ke publik, maka banyak rumor yang mengeklaim bahwa tujuan CEO Apple tersebut datang ke China adalah untuk mengetahui mengapa iPhone 15 tidak begitu laku di sana.

Baca juga: Apple Update iOS iPhone 15 di Toko Tanpa Buka Kardus

Selain Counterpoint Researach, ada pula laporan dari lembaga riset Jefferies yang mengeklaim bahwa posisi Apple kini digeser oleh Huawei sebagai merek ponsel terlaris di China. 

Dengan kata lain, ada kemungkinan Tim Cook khawatir iPhone 15 tidak laku di China, mengingat ada beberapa kompetitor yang bisa mengancam pangsa pasar Apple di Negeri Tirai Bambu. 

Belum bisa dipastikan apakah rumor tersebut benar atau tidak. Namun yang jelas, di China, Cook sempat berkunjung ke sebuah Apple Store di wilayah Chengdu dan berbicara dengan pegawai yang ada di toko tersebut. 

Lalu, Cook juga mengunjungi sebuah SD di Yucheng, Chengdu untuk melihat bagaimana sekolah tersebut menggunakan iPad untuk kegiatan belajar mengajar dan mendukung budaya lokal di sana. 

Baca juga: iPhone 15 Kurang Laku gara-gara Huawei Mate 60?

Di samping itu Cook juga berkunjung ke sebuah venue untuk menyaksikan kompetisi e-sports yang mempertandingkan game MOBA populer buatan Tencent, yaitu Honor of Kings. 

Ia juga sempat mengabadikan sejumlah momen di Chengdu menggunakan iPhone 15 Pro Max dan membagikan kegiatan dan foto kunjungannya di media sosial China, Weibo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AppleInsider, Rabu (18/10/2023). 

Terkait iPhone 15 yang tidak laku, hal ini boleh jadi dikontribusi oleh banyaknya masalah yang ada di perangkat tersebut, mulai dari baterai boros, cepat panas, masalah kualitas suara, masalah konektivitas, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com