Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Samsung Galaxy Z Fold 5 Cocok untuk Nonton Film dan Main Game

Kompas.com - 20/10/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Samsung

KOMPAS.com - Smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 membawa sejumlah spesifikasi yang mumpuni. Salah satunya adalah layar besar yang memiliki resolusi tinggi, sehingga membuat pengguna lebih puas ketika sedang menonton film atau bermain game.

Layar bagian luar Samsung Z Fold 5 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x seluas 6,2 inci dan resolusi HD Plus (2.315 x 904 piksel), refresh rate 120 Hz, dan tingkat kerapatan piksel 402 ppi.

Sementara itu, layar bagian dalam mengusung panel yang sama dengan luas 7,6 inci, resolusi layar QXGA Plus (2.716 x 1.812 piksel), refresh rate 120 Hz, dan kerapatan piksel 374 ppi.

Adapun layar Dynamic AMOLED 2x merupakan generasi terbaru dari teknologi Dynamic AMOLED. Layar ini memiliki fitur Dynamic Tone Mapping, yang berfungsi untuk mengoptimasi warna dan kontras layar, untuk memberikan gamut warna DCI-P3 yang 100 persen akurat.

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Dengan demikian, warna film atau game yang dinikmati akan terlihat lebih realistis serta natural. Tidak semua layar smartphone mendukung gamut warna 100 persen, sehingga umumnya warna gambar di satu ponsel dan ponsel lainnya bisa terlihat berbeda.

Layar pun menawarkan rasio kontras 3.000.000:1. Makin tinggi rasio kontras, makin tinggi pula kualitas atau detail yang ditawarkan panel. Visual film atau game menjadi makin memukau.

Kemudian, Dynamic AMOLED 2x menawarkan refresh rate 120 Hz, sehingga pengalaman pengguna saat sedang menggulir (scrolling) media sosial, berpindah dari satu tab ke tab lainnya, dan bermain game menjadi lebih mulus.

Ilustrasi CEO startup (perusahaan rintisan) Ternak Uang, Raymond Chin yang sedang menggunakan Galaxy Z Fold 5Samsung Indonesia Ilustrasi CEO startup (perusahaan rintisan) Ternak Uang, Raymond Chin yang sedang menggunakan Galaxy Z Fold 5
Panel juga menawarkan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.750 nits, sehingga pengguna bisa menonton film secara jelas, baik di bawah sinar matahari maupun ketika malam hari tiba.

Layar sudah mengantongi sertifikasi HDR10 Plus yang menandai kecerahan, warna, dan kontras layar lebih baik.

Selain untuk menonton film dan bermain game, layar dalam Samsung Z Fold 5 juga bisa digunakan untuk multi tasking.

Baca juga: Hunting Foto Malam dengan Galaxy Z Fold 5, Hasil Gambar Tajam dan Setara S23 Ultra

Pengguna bisa melakukan hal ini dengan menggunakan Multi Window, yakni fitur untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu jendela yang sama.

Pengalaman dalam bekerja, menonton film, dan bermain game tidak akan terganggu, karena minimnya bekas lipatan di layar dalam. Hal ini dikarenakan oleh konstruksi engsel baru yang dimiliki smartphone Samsung Z Fold 5.

Nah, jika pegal saat memegang ponsel tersebut, pengguna bisa melipatnya menjadi 90 derajat dan didudukkan di meja, seolah-olah sedang menggunakan laptop mini.

Saat dilipat, ponsel akan otomatis masuk ke Flex Mode.

Dalam mode ini, aplikasi yang kompatibel dengan Flex Mode akan secara otomatis menyesuaikan agar pas dengan ukuran layar yang dilipat, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Samsung, Kamis (19/10/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com