Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fungsi Web Browser, serta Cara Kerja dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 22/10/2023, 10:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Web browser atau peramban website memiliki segudang fungsi yang berguna untuk mempermudah pengguna dalam mengakses internet. Oleh karena itu, pengguna yang tengah belajar mengakses internet, kiranya perlu mengetahui fungsi browser.

Pengetahuan atas fungsi browser dapat memudahkan pengguna untuk memanfaatkannya secara tepat dalam mengakses internet. Lantas, apa fungsi browser? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi browser.

Baca juga: Apa Itu Cache dan Cookies di Browser, Mengapa Perlu Dihapus?

Fungsi browser

Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW). Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet. Ada beberapa fungsi browser dalam mengakses internet yang perlu diketahui. Adapun fungsi browser itu adalah sebagai berikut:

1. Membuka halaman website

Browser berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam membuka halaman website di internet melalui alamat URL. Web browser dapat mengarahkan pengguna ke halaman website sesuai dengan alamat URL yang ingin dituju.

2. Menampilkan konten dari website

Selain membuka, browser juga berfungsi untuk menampilkan konten yang dimuat oleh website. Browser dapat menampilkan konten dengan berbagai format dari halaman website ke pengguna, seperti konten gambar, audio, dan video.

3. Memudahkan dalam menjelajahi website

Fungsi browser yang berikutnya adalah memudahkan pengguna dalam menjelajahi website. Di browser, tersedia fitur navigasi seperti “Back” dan “Forward”. Fungsi kedua tombol tersebut adalah untuk mengarahkan pengguna kembali ke halaman web yang telah dibuka.

4. Menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi

Ketiga, fungsi browser adalah memudahkan pengguna dalam menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi. Browser memiliki fitur Bookmark. Jika sering mengunjungi situs web tertentu, pengguna dapat menandainya atau Bookmark di browser.

Bookmark pada website di browser berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika hendak mengakses website itu lagi di kemudian hari. Pengguna cukup membuka daftar Bookmark dan klik tautan yang telah disimpan untuk mengunjungi kembali website tersebut.

5. Mengelola data riwayat kunjungan di website

Setiap kunjungan pengguna di semua website, browser bakal mencatat aktivitas tersebut dan membuatnya jadi data riwayat (History). Pengguna bisa melihat jejak kunjungannya ke semua website melalui daftar riwayat di browser.

Lewat daftar History itu, pengguna juga bisa mengunjungi kembali website-website yang sebelumnya pernah diakses dengan klik tautan yang tersedia.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

6. Mengunduh file di internet

Fungsi browser yang berikutnya adalah untuk mengunduh file di internet. Saat membuka halaman website di internet melalui browser, pengguna dapat melakukan pengunduhan file yang tersedia di sana untuk disimpan ke perangkat.

7. Mempermudah dalam mengelola data kredensial di internet

Selanjutnya, fungsi browser adalah mempermudah dalam mengelola data kredensial atau data akun seperti username dan password untuk login di beberapa platform online. Browser bisa menyimpan data kredensial yang dipakai pengguna buat login ke platform.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com