Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Perangkat Tertaut pada WhatsApp? Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 05/06/2024, 14:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui fungsi dan pengoperasian dari beberapa fitur penting yang terdapat di aplikasi WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Salah satunya seperti fitur perangkat tertaut di WA.

Fitur perangkat tertaut atau Linked Device merupakan fitur penting di WhatsApp karena dapat memudahkan pengguna untuk mengelola akun di beberapa perangkat sekaligus. Lantas, sebenarnya apa maksud dari perangkat tertaut pada WhatsApp?

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Coret di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai apa itu perangkat tertaut di WA, lengkap dengan penjelasan fungsi dan cara kerjanya.

Perangkat tertaut di WA

Perlu diketahui, perangkat tertaut di WA adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka atau menautkan satu akun WhatsApp dari perangkat utama ke beberapa perangkat tambahan sekaligus.

Sebagai informasi, perangkat utama yang dimaksud di sini adalah HP pengguna yang terinstal WhatsApp dan dipakai untuk verifikasi akun WhatsApp pertama kali. Dari perangkat utama, akun WhatsApp bisa dibuat login ke beberapa perangkat tambahan.

Lantas, berapa maksimal perangkat tertaut di WhatsApp? Dengan fitur Linked Device, pengguna bisa menautkan akun WA dari perangkat utama ke maksimal hingga empat perangkat tambahan.

Ada berbagai macam perangkat tambahan yang dapat ditautkan akun WA. Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp tidak hanya tersedia di HP, tetapi terdapat pula aplikasi WhatsApp Desktop yang bisa dibuka di PC dan WhatsApp Web yang bisa dibuka di browser.

Dengan adanya platform WhatsApp selain aplikasi WhatsApp di HP itu, akun WhatsApp dapat dibuka di beberapa perangkat lain di luar HP utama, seperti komputer, laptop, tablet, dan bahkan HP sekunder.

Lantas, apa fungsi perangkat tertaut pada WhatsApp? Fungsi perangkat tertaut di WA adalah memudahkan pengguna untuk membuka akun WhatsApp miliknya melalui beberapa perangkat sekaligus.

Saat sudah ditautkan ke perangkat tambahan, pengguna tak perlu repot membuka WhatsApp di HP utama. Hal ini membuat pengguna dapat tetap berkirim pesan WhatsApp lewat perangkat lain.

Misalnya, saat bekerja di depan komputer, pengguna bisa membuka WhatsApp dari WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop untuk berkirim pesan. Jadi, pengguna tak perlu repot membuka WhatsApp di HP utama dulu.

Linked Device juga memudahkan pengguna untuk mengakses WhatsApp ketika HP utama tidak terhubung internet. Jadi, meski HP utama mati atau tidak terhubung internet, saat akun WA telah tertaut, pengguna tetap bisa mengakses WhatsApp di perangkat lain.

Untuk bisa mengakses WhatsApp di perangkat lain, pengguna tentunya perlu memahami cara menautkan perangkat di WhatsApp. Lalu, bagaimana cara menautkan perangkat di WhatsApp? Begini penjelasannya.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Menggunakan E-mail dengan Mudah dan Praktis

Cara menautkan perangkat di WhatsApp

Cara menautkan perangkat di WhatsApp itu cukup mudah. Secara umum, pengguna hanya perlu memindai kode QR yang terdapat pada platform WhatsApp di perangkat tambahan. Pemindaian dilakukan dari kamera yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di HP utama.

Adapun penjelasan yang lebih detail tentang cara menautkan perangkat di WhatsApp adalah sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com