Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, iPhone 15 Series Kalah Laris Dibanding HP Android Ini

Kompas.com - 23/10/2023, 07:01 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Huawei memperkenalkan duo ponsel flagship Android terbarunya, Mate 60 dan Mate 60 Pro, pada akhir Agustus lalu. Smartphone high-end ini ternyata diminati konsumen sehingga dilaporkan laris manis di pasar domestik Huawei di China.

Menurut lembaga riset pasar Counterpoint, Huawei berhasil menjual 1,6 juta unit ponsel Mate 60 dalam waktu hanya enam pekan.

Sebanyak 400.000 unit dari angka tersebut terjual dalam dua pekan terakhir, atau berbarengan dengan debut seri ponsel iPhone 15 dari Apple di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: 8 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan, Tak Cuma Overheat dan Layar Burn-in

Namun, iPhone 15 berbeda nasib karena justru lebih sepi peminat dibandingkan pendahulunya. Penjualan iPhone 15 di China dalam 17 hari pertama di China, menurut Counterpoint, turun sebesar 4,5 persen dibandingkan seri iPhone 14.

Saking lakunya seri Huawei Mate 60, Counterpoint menyebutkan bahwa kiriman unit ponsel tersebut segera ludes begitu sampai di peritel sehingga terkesan selalu tidak ada stoknya.

Countepoint tak merinci lebih lanjut mengenai berapa penjualan yang dicatat masing-masing model dari seri Huawei Mate 60, ataupun angka penjualan dari seri iPhone 15 di luar angka persentase yang dilaporkan turun.

Baca juga: Kesan Pertama Hands-on Huawei Mate 60 Pro Plus, HP China yang Bikin Geger Amerika

Yang jelas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (23/10/2023), lembaga riset tersebut beberapa waktu lalu melaporkan bahwa pasaran smartphone global mengalami penurunan 8 persen secara YoY di kuartal-III 2023.

Menurut laporan Counterpoint, pangsa pasar Apple di kuartal-III 2023 menurun 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sebaliknya, pangsa pasar Huawei mengalami pertumbuhan karena didorong penjualan seri ponsel Mate 60 di China.

Peluncuran Huawei Mate 60 membuat Amerika Serikat kebakaran jenggot karena seri ponsel tersebut dibekali chip Kirin 9000S yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm.

Baca juga: Terungkap, Teknologi Rahasia Chip Huawei Mate 60 Pro yang Bikin Amerika Meradang

Padahal, China seharusnya tidak bisa membuat prosesor dengan proses fabrikasi canggih tersebut karena fasilitas manufakturnya sengaja dibatasi oleh AS lewat pembatasan ekspor produk teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com