Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam E-mail yang Perlu Diketahui dan Fungsinya, Tak Cuma Gmail

Kompas.com - 23/10/2023, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam e-mail atau surat elektronik yang biasa dipakai saat ini. Pengetahuan atas macam-macam e-mail itu berfungsi untuk membantu pengguna menentukan hendak memakai e-mail yang mana.

Perlu diketahui, e-mail adalah sistem pengiriman pesan digital yang dilakukan dari satu komputer ke komputer lainnya via jaringan internet. E-mail mempermudah dan mempercepat proses pengiriman pesan untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun bisnis.

Baca juga: 5 Cara Melihat Kata Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah dan Cepat

Semua pengguna dapat mengirim e-mail dari mana pun selama mereka memiliki perangkat yang mendukung dan koneksi internet. Saat ini, tersedia banyak sekali penyedia layanan e-mail yang dapat dipakai berkirim pesan.

Sebagai informasi, Gmail mungkin menjadi layanan penyedia e-mail yang populer dipakai saat ini. Akan tetapi, sejatinya ada banyak e-mail selain Gmail yang juga dapat dipakai untuk berkirim pesan.

Lantas, e-mail apa saja yang ada saat ini dan dapat dipakai untuk berkirim pesan? Bila tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut berikut adalah macam-macam e-mail yang umum dipakai sekarang.

Macam-macam e-mail yang umum dipakai

Seperti yang sempat disinggung di atas, ada banyak macam penyedia layanan e-mail yang bisa dipakai pengguna. E-mail selain Gmail yang kerap juga dipakai antara lain, seperti Outlook, Yahoo Mail, dan AOL Mail.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah macam-macam e-mail yang umum dipakai sekarang buat berkirim pesan:

  • Gmail
  • Outlook
  • Yahoo Mail
  • AOL Mail
  • Proton Mail
  • Zoho Mail
  • iCloud Mail
  • GMX Mail
  • Yandex Mail
  • Mail.com

Penjelasan dari masing-masing penyedia layanan e-mail tersebut bisa dibaca lebih lanjut pada daftar di bawah ini.

1. Gmail

Ilustrasi Gmail.Freepik/sitthiphong Ilustrasi Gmail.

Gmail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Gmail menawarkan penyimpanan besar, integrasi dengan layanan Google lainnya, dan fitur-fitur keamanan yang memadai seperti perlindungan spam serta verifikasi dua langkah.

2. Outlook

Ilustrasi Outlook.App Store Ilustrasi Outlook.

Outlook adalah layanan email yang dikelola oleh Microsoft. Outlook menyediakan antarmuka yang sederhana. Outlook dibekali fitur integrasi dengan kalender, tugas, dan catatan, serta kemampuan untuk mengelola email bisnis dengan mudah.

3. Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah layanan email yang disediakan oleh Yahoo. Ini menawarkan penyimpanan besar, antarmuka yang bersih, dan fitur-fitur seperti filter spam yang kuat dan penyaringan pesan.

4. AOL Mail

Ilustrasi AOL Mail.App Store Ilustrasi AOL Mail.

AOL Mail adalah layanan email yang disediakan oleh American Online (AOL). AOL Mail menawarkan penyimpanan yang memadai, akses ke kalender, dan integrasi dengan layanan AOL lainnya seperti AIM (AOL Instant Messenger).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com