Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Tim yang Bertanding di Kompetisi Free Fire FFWS 2023

Kompas.com - 24/10/2023, 14:46 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Kompetisi skala dunia untuk game battle royale Free Fire, yaitu Free Fire World Series (FFWS) 2023 akan digelar di Bangkok mulai dari 10 November hingga 26 November 2023 mendatang.

Turnamen ini akan menjadi klimaks dari musim kompetisi Free Fire pada tahun ini.

Dalam FFWS 2023, ada 18 tim terbaik di dunia yang akan berlaga untuk memperebutkan titel kampiun FFWS 2023, dan porsi hadiah terbesar dari jumlah hadiah senilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 15,8 miliar).

Sebanyak tiga tim di antaranya berasal dari Indonesia, yakni Thorrad, RRQ Kazu, dan Poco Star. Ketiga tim ini berhasil mengamankan tiket ke FFWS 2023, setelah meraih peringkat tiga besar secara berurutan di turnamen nasional Free Fire Master League Season 8 (FFML S8).

Sebelumnya, RRQ Kazu sudah pernah berkompetisi di FFWS 2022 bersama dengan satu tim Indonesia lainnya, Saudara e-Sports. Sementara itu, ini menjadi debut Thorrad dan Poco Star di turnamen berskala internasional tersebut.

Selain tim dari Tanah Air, terdapat sejumlah tim lainnya dari berbagai belahan dunia, mulai dari tim Loud asal Brasil hingga tim Wask asal Maroko. Setiap tim ini lolos ke FFWS 2023 setelah mengukir prestasi di turnamen nasional masing-masing negara.

Selengkapnya, berikut ini daftar tim yang akan berpartisipasi di FFWS 2023, disertai dengan asal negara masing-masing tim:

Daftar tim yang bertanding di kompetisi FFWS 2023

  1. Thorrad (Indonesia)
  2. RRQ Kazu (Indonesia)
  3. Poco Star (Indonesia)
  4. Magic Squad (Brasil)
  5. Loud (Brasil)
  6. MIBR (Brasil)
  7. Furious Gaming (Argentina)
  8. All Glory Gaming (Meksiko)
  9. Osaka (Kolombia)
  10. Buriram United x Evos (Thailand)
  11. EXP Esports (Thailand)
  12. CGGG (Thailand)
  13. P Esports (Vietnam)
  14. GOW (Vietnam)
  15. WAG (Vietnam)
  16. Expand (Malaysia)
  17. Hotshot Esports (Pakistan)
  18. WASK (Maroko)

Jadwal dan format pertandingan FFWS 2023

FFWS 2023 akan diawali dengan babak Knockout Stage yang akan digelar pada 10-19 November 2023. Seluruh tim akan dibagi menjadi tiga grup (masing-masing grup enam tim), dan akan memiliki jatah pertandingan sebanyak enam pertandingan per hari.

Babak Knockout Stage akan digelar selama dua minggu, dan tiap minggunya pertandingan digelar selama tiga hari pada akhir pekan (Jumat - Minggu).

Pada akhir babak Knockout Stage, sebanyak 12 tim teratas akan melaju ke babak Points Rush yang akan digelar pada 24-25 November 2023 dan Finals FFWS 2023 yang digelar pada 26 November 2023.

Babak Points Rush akan digunakan untuk memperhitungkan perolehan poin terakhir, sedangkan babak Finals akan menentukan siapa juara FFWS untuk tahun ini. Tim yang bertanding di kedua babak ini akan memiliki jatah enam pertandingan sehari.

Adapun untuk peta (map) di setiap pertandingan akan sama di setiap babak, yaitu Bermuda, Purgatory, Alpine, Kalahari, Nexterra, dan map yang diacak (random).

Baca juga: Free Fire Punya Mode FPS Ala Point Blank, Begini Cara Mainnya

Sistem poin FFWS 2023

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com