Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Lawas Ini Wajib Update iOS agar Tetap Bisa Pakai WA

Kompas.com - 24/10/2023, 15:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp menghentikan dukungan layanannya untuk iPhone yang masih menjalankan sistem operasi (OS) lawas, seperti iOS 10 dan iOS 11.

Melalui halaman resmi perusahaan, WhatsApp mengatakan hanya akan bisa digunakan di perangkat yang menjalankan iOS 12 atau versi yang lebih baru.

“Saat ini, kami memberi dukungan dan merekomendasikan (pengguna) menggunakan perangkat Android yang menjalankan OS 4.1 atau lebih baru, iPhone yang menjalankan iOS 12 atau lebih baru, dan KaiOS versi 2.5.0 atau lebih baru,” tulis WhatsApp dalam laman resminya.

Saat ini masih ada segelintir ponsel yang masih mengandalkan kedua versi iOS lawas tersebut. Sederet perangkat tersebut antara lain iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S.

Agar tetap bisa menggunakan WhatsApp, pengguna harus memperbarui atau meng-update sistem operasi iOS di iPhone mereka. Hal ini bisa dilakukan jika perangkat tersebut mendukung iOS terbaru.

Beberapa model iPhone lawas yang bisa menjalankan iOS 12 untuk mengoperasikan WhatsApp yaitu, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6S, dan yang lebih baru lagi. Sementara iPhone 5 dan iPhone 5C, tidak bisa di-update ke iOS 12. 

Baca juga: Daftar HP Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per 24 Oktober

“Perangkat ini (ponsel lawas) mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” tulis perusahaan.

Nah, pengguna iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S, sebaiknya segera meng-update sistem operasi ponsel mereka ke iOS yang terbaru.

WhatsApp juga menjelaskan alasan yang mendorong perusahaan memberlakukan sejumlah batasan dan aturan ini.

Menurut pihak WhatsApp, setiap smartphone dan software harus mengalami pembaruan secara berkala. Supaya perusahaan dapat meninjau mana saja OS yang dapat mendukung WhatsApp dan mendapatkan pembaruan fitur.

“Untuk menentukan mana saja perangkat yang berhenti mendapat layanan, setiap tahun, layaknya perusahaan teknologi lain, (kami juga) meninjau perangkat dan software mana yang paling lawas, dan memiliki jumlah pengguna yang paling sedikit yang masih menggunakannya,” jelas WhatsApp.

Dalam kasus ini, jumlah pengguna iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11 memang sudah tidak begitu banyak.

Baca juga: WhatsApp Resmi Punya Fitur Multi-Akun, Bisa Pakai 2 Nomor WA di Satu Aplikasi

Selain iPhone, pengguna Android yang masih menjalankan OS lawas, seperti OS 4.1 juga diharapkan segera melakukan update. Sebab, WhatsApp menyebut per 24 Oktober 2023, hanya Android yang menjalankan OS 5.0 atau lebih baru saja yang bisa mengakses WhatsApp.

“Sebelum kami berhenti menyetop layanan WhatsApp, Anda akan diberi tahu langsung di WhatsApp dan memberikan notifikasi pemberitahuan beberapa kali,” jelas WhatsApp.

Jika WhatsApp mengirimkan pemberitahuan ke iPhone ataupun Android Anda, tandanya perangkat yang digunakan telah masuk kategori smartphone lawas. Anda harus segera melakukan pembaruan sistem operasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com