Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Ceroboh Jatuhkan HP, Sebaiknya Pakai iPhone atau Samsung?

Kompas.com - 24/10/2023, 19:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 15 Pro Max membawa sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya, misalnya port USB-C dan bodi yang kini mengadopsi material titanium, bukan stainless steel.

Dengan elemen titanium ini, Apple mengeklaim rangka (frame) iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max lebih kuat, dan lebih ringan dari bodi iPhone yang tidak menggunakan titanium.

Untuk melihat ketangguhan ponsel ini, seorang Youtuber teknologi bernama PhoneBuff melakukan uji ketahanan antara iPhone 15 Pro Max dan Samsung Galaxy S23 Ultra. Hasilnya, iPhone 15 Pro Max keok lawan Samsung S23 Ultra.

Anda yang berniat membeli iPhone 15 atau Samsung S23 Ultra perlu menyimak hasil pengujian, khususnya bagi yang sering ceroboh menjatuhkan ponsel.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max 1 TB Seharga Rp 34 Juta Ludes Terjual di Digimap dan Blibli

Adapun video uji ketahanan berdurasi delapan menit ini diawali dari perbandingan fisik kedua smartphone tersebut.

Selain bodi titanium, iPhone 15 Pro Max dilengkapi layar datar (flat) 6,7 inci dengan kaca pelindung Ceramic Shield. Punggung smartphone berbobot 221 gram ini dilapisi kaca Dual-Ion Glass.

Sementara itu, Samsung S23 Ultra mempunyai bodi berbahan Armor Aluminium (lebih tangguh dari aluminium biasa), layar lengkung (curved) 6,8 inci dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus 2. Kaca tersebut juga dipasangkan di punggung ponsel dengan bobot 234 gram itu.

Nah, ada sebanyak empat pengujian ketahanan yang dilakukan PhoneBuff. Simak hasil masing-masing pengujian di bawah ini.

Pengujian bagian punggung

Uji jatuh pertama, menguji ketahanan dari punggung Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 15 Pro Max (kanan)PhoneBuff Uji jatuh pertama, menguji ketahanan dari punggung Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 15 Pro Max (kanan)
Pengujian pertama ingin melihat ketahanan dari punggung perangkat. iPhone 15 Pro Max dan Samsung S23 Ultra dijatuhkan ke aspal menggunakan mesin dari ketinggian pinggang orang dewasa.

Punggung iPhone 15 Pro Max tampak mendapat goresan dan retakan yang lebih banyak, terutama pada bagian bawah cangkang hingga logo Apple di tengah ponsel.

Di sisi lain, kerusakan yang dialami Samsung S23 Ultra lebih sedikit. Retakan hanya terlihat di bagian kiri bawah dan kanan atas perangkat. Pecahan tersebut sulit terlihat dari jarak jauh. Bagian bodi lainnya seperti bagian tengah bebas dari goresan dan retakan.

Baca juga: 8 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan, Tak Cuma Overheat dan Layar Burn-in

Pengujian frame

Uji jatuh kedua adalah menguji ketahanan sudut  Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 15 Pro Max (kanan)PhoneBuff Uji jatuh kedua adalah menguji ketahanan sudut Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 15 Pro Max (kanan)
Uji jatuh yang kedua ingin melihat ketahanan dari bagian sudut frame atau bingkai perangkat. Kedua smartphone dijatuhkan dalam posisi miring sehingga bagian sudut frame menyentuh aspal lebih dulu.

Bagian sudut frame iPhone 15 Pro Max hanya memiliki goresan kecil, tetapi tidak pecah. Kendati begitu, kaca punggung iPhone 15 Pro Max pecah hingga menghilangkan lapisan warna hitam dari cangkang.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com