Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Samsung Galaxy Tab A9 dan A9 Plus Meluncur Global, Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 25/10/2023, 07:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncur di pasar India awal Oktober lalu, Samsung kini resmi meluncurkan dua tablet terbarunya dari seri tablet murah Galaxy Tab A-Series di pasar global. Kedua tablet tersebut bernama Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus.

President dan Head Mobile eXperience Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa tablet ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari, baik itu untuk hiburan maupun membuka banyak aplikasi di layar besar. 

"Kami percaya semua orang harus merasakan teknologi tablet terkini, dan dua produk terbaru dari Galaxy Tab A-Series ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatan mereka di seluruh perangkat ekosistem Samsung Galaxy," tutur TM Roh dalam keterangan resmi di halaman SamsungNewsroom.

Secara desain, Samsung Tab A9 dan A9 Plus tampak serupa. Namun, banyak perbedaan yang menyertai kedua tablet ini, sehingga membuat masing-masing dari tablet tersebut unik dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9

Ilustrasi Samsung Galaxy Tab A9.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Samsung Galaxy Tab A9.
Samsung Galaxy Tab A9 memiliki layar LCD 8,7 inci dengan resolusi WXGA Plus (1.340 x 800) dan refresh rate 60 Hz.

Tablet yang memiliki ketebalan 8 mm dan bobot 333 gram ini ditenagai dengan chipset yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan kecepatan clock maksimal 2,2 GHz. Samsung tidak menyebutkan apa jenis chipset tablet ini. 

Samsung Tab A9 memiliki dua varian RAM yaitu 4 GB dan 8 GB, serta dua varian media penyimpanan (storage) dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB. Jika kurang, pengguna bisa memakai kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB.

Fitur pendukung di tablet ini mencakup baterai berkapasitas 5.100 mAh, sistem operasi Android 13, WiFi 5, Bluetooth 5.3, Dolby Atmos, Samsung Knox, kamera belakang 8 MP, dan kamera depan 2 MP. 

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G Murah dengan Stylus S Pen

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Plus

Ilustrasi layar Galaxy Tab A9 dan A9 Plus.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layar Galaxy Tab A9 dan A9 Plus.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus mengusung layar yang lebih luas dibanding Samsung Tab A9 "reguler", yaitu 11 inci dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200 piksel) dengan refresh rate 90 Hz. 

Tablet dengan dimensi ketebalan 6,9 mm dan bobot 491 gram ini memiliki chipset serupa dengan Galaxy Tab A9, yaitu dengan CPU octa core yang memiliki kecepatan clock 2,2 GHz. Samsung juga tidak menyebutkan apa jenis chipset Samsung Galaxy Tab A9 Plus.

Pada sektor memori, tablet ini memiliki varian RAM dan storage serupa dengan Samsung Tab A9, yaitu RAM 4 GB dan 8 GB, serta storage 64 GB dan 128 GB. Tablet ini juga mendukung kartu memori microSD hingga 1 TB.

Sebagian besar fitur pendukung Samsung Galaxy Tab A9 Plus serupa dengan Samsung Tab A9. Perbedaan hanya terletak di baterai yang kapasitasnya meningkat menjadi 7.040 mAh, kamera depan 5 MP, serta Bluetooth dengan versi 5.1.

Ilustrasi tiga varian warna Galaxy Tab A9 Series.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tiga varian warna Galaxy Tab A9 Series.

Samsung Galaxy Tab A9 tersedia dalam model 4G dan WiFi, sedangkan Samsung Galaxy Tab A9 Plus tersedia dalam model 5G dan WiFi. Kedua tablet ini hadir dalam tiga varian warna, yaitu Graphite, Silver, dan Navy. 

Belum diketahui berapa harga tablet ini di pasar global. Namun, harga Samsung Tab A9 dan  A9 Plus di pasar India, yaitu dengan banderol sebagai berikut:

  • Harga Samsung Tab A9 RAM 4/64 GB (hanya Wi-Fi): 12.999 rupee (Rp 2,4 jutaan)
  • Harga Samsung Tab A9 RAM 4/64 GB (WiFi+seluler): 15.999 rupee (Rp 3 jutaan)
  • Harga SamsungTab A9 Plus RAM 8/128 GB (hanya Wi-Fi): 20.999 rupee (Rp 3,9 jutaan)
  • Harga Samsung Galaxy Tab A9 Plus (8/128 GB) (WiFi+seluler): 22.999 rupee (Rp 4,3 jutaan).

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Serba Ada dan Layak Jadi Pengganti Laptop

Sudah muncul di situs Samsung Indonesia

Samsung Galaxy Tab A9 dan A9 Plus sendiri dipastikan akan masuk ke Indonesia. Sebab, dari pantauan KompasTekno per Rabu pagi ini, kedua tablet tersebut sudah terpampang di situs resmi Samsung Indonesia. 

Berdasarkan laman tersebut, kedua model Samsung Galaxy Tab A9 dan A9 Plus akan masuk ke Indonesia, mulai dari varian 4G (Tab A9), 5G (Tab A9 Plus), dan WiFi (Tab A9 dan A9 Plus).

Belum bisa dipastikan varian RAM dan storage mana saja yang akan dijual di Indonesia. Kita nantikan saja pengumuman spesifikasi dan harga Galaxy Tab A9 dan A9 Plus di Tanah Air dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com