Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spek Kamera Xiaomi 14, Pakai Lensa Summilux Leica

Kompas.com - 25/10/2023, 12:46 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi dipastikan akan memperkenalkan ponsel kelas atas (flagship) terbarunya, Xiaomi 14 series, pada 26 Oktober 2023. Peluncuran perangkat bakal berlangsung di negara asalnya, China, sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Sebagai penerus Xiaomi 13 series, Xiaomi 14 diyakini datang dengan sejumlah peningkatan dan kebaruan. Mulai dari bezel (bingkai layar) yang lebih tipis, chipset yang diklaim ngebut, hingga peningkatan pada sektor fotografi.

Meski belum dirilis, bocoran spesifikasi Xiaomi 14 sudah muncul di dunia maya.

Yang paling baru, bocoran kamera Xiaomi 14 diumbar langsung oleh perusahaan melalui platform microblogging China, Weibo. Xiaomi mengungkapkan Xiaomi 14 mengandalkan lensa Summilux dari pabrikan lensa asal Jerman, Leica.

Kolaborasi antara Xiaomi dan Leica ini diklaim akan membuat Xiaomi 14 menghasilkan gambar lebih jernih di malam hari, pemrosesan gambar mengalami peningkatan, kamera juga mampu menangkap lebih banyak cahaya ke dalam sensor, dan sebagainya.

Lensa Leica Summilux ini lebih baik dibandingkan lensa Leica Summicron yang digunakan Xiaomi di smartphone flagship sebelumnya, yaitu seri Xiaomi 12 dan Xiaomi 13.

“Lensa Leica Optical Summilux menjadi (lensa) paling sempurna hingga saat ini. Pemrosesan gambar smartphone yang dibuat bersama Xiaomi dan Lenca, #Xiaomi14 akan menjadi (smartphone) pertama yang dilengkapi (lensa) ini,” tulis Xiaomi di Weibo.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (25/10/2023), Xiaomi 14 akan mendukung lensa Leca Vario-Summilux dengan aperture (bukaan/f) sebesar 1.6 hingga 2.2 dan ASPH (lensa apsherical) 14-75 mm.

Mudahnya, kamera utama Xiaomi 14 akan mengandalkan lensa aspherical, elemen lensa kamera yang mampu menangkap foto lebih tajam dan mengurangi distorsi pada lensa. Lensa juga menawarkan aperture 1.6 disertai focal length 14 mm hingga 75 mm.

Dengan rentang focal length di atas, konfigurasi kamera Xiaomi akan terbagi menjadi tiga. Kamera utama akan mengandalkan lensa 23 mm, kamera ultrawide akan mengandalkan lensa 14 mm untuk jarak pandang lebih luas, sedangkan kamera telefoto menggunakan lensa 75 mm dengan kemampuan zoom optik 3,2 kali.

Baca juga: Xiaomi 14 Series Meluncur 26 Oktober dengan HyperOS

Belum diketahui resolusi dari masing-masing kamera. Namun, bila dibandingkan dengan kamera Xiaomi 13, kamera Xiaomi 14 mengandalkan lensa yang lebih unggul, menawarkan jarak pandang lebih luas, dan aperture (f) yang lebih besar.

Sebab, Xiaomi 13 masih mengandalkan lensa Vario-Summicron dengan aperture 1.8 hingga 2.2. Kemudian, jarak lensa yang ditawarkan adalah 15 mm hingga 75 mm. Perbedaan ini juga membuat hasil foto ultrawide Xiaomi 13 tidak seluas Xiaomi 14.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14 series

Bocoran tampilan Xiaomi 14 ProGizmoChina Bocoran tampilan Xiaomi 14 Pro
Xiaomi 14 dikabarkan datang dengan dua model, yaitu Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro. Menurut pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, Xiaomi 14 Pro akan datang dengan bezel layar yang lebih tipis di keempt sisinya.

Tipisnya layar bezel diklaim dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggulir ataupun menonton di layar. Layar akan mengadopsi model curved screen, yakni melengkung di bagian kanan dan kirinya. Poni Xiaomi 14 Pro berjenis punch hole dan terletak di tengah atas layar.

Xiaomi 14 Pro akan mengadopsi bahasa desain yang mirip Xiaomi 13. Dari render tiga dimensi (3D) yang terungkap, bagian belakangnya terdapat modul kamera berbentuk persegi yang lebih menonjol dari cangkang.

Baterai Xiaomi 14 konon berkapasitas 4.830 mAH dan mendukung pengisian daya cepat 90 watt atau pengisian daya nirkabel (wireless) 50 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14.

Baca juga: Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS

Di sektor dapur pacu, Xiaomi 14 konon mengandalkan chipset anyar dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3. Kendati begitu, System-on-Chip (SoC) ini masih belum resmi dirilis.

Qualcomm sudah mengumumkan acara “Snapdragon Summit” pada 24 Oktober hingga 26 Oktober. Biasanya, di momen tersebut, perusahaan merilis chipset kelas atas terbarunya.

Apabila prediksi ini sesuai, Xiaomi 14 akan menjadi smartphone pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3. Kita nantikan saja kebenaran bocoran spesifikasi di atas saat peluncuran resminya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com