Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal MiUI, Kilas Balik UI Khas Xiaomi Selama 13 Tahun

Kompas.com - 18/10/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Antarmuka atau User Interface (UI) khas kepunyaan Xiaomi, yakni MiUI, akhirnya resmi disetop perusahaan. Sebagai gantinya, Xiaomi bakal menggunakan UI HyperOS, untuk menemani smartphone baru buatannya.

Kehadiran HyperOS yang sekaligus menjadi kepergian MiUI ini bisa dibilang merupakan salah satu peristiwa besar bagi Xiaomi. Pasalnya, MiUI telah menemani perjalanan smartphone Xiaomi selama 13 tahun.

Baca juga: Xiaomi Pensiunkan MiUI, Diganti HyperOS

MiUI bahkan bukan hanya dipakai di smartphone Xiaomi, melainkan juga digunakan pada beragam smartphone sub-brand-nya, seperti Poco dan Redmi. MiUI pertama kali hadir menemani smartphone Xiaomi pada 2010.

Saat ini, MiUI terbaru yang tersedia untuk pengguna adalah MiUI 14. Dari awal rilis hingga kini, MiUI telah banyak mengalami perkembangan. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah kilas balik MiUI selama 13 tahun hingga akhirnya disetop

Kilas balik MiUI selama 13 tahun hingga akhirnya disetop

MiUI 1 (2010)

Ilustrasi MiUI 1.youtube.com/Game of Roms Ilustrasi MiUI 1.

MiUI generasi pertama atau MiUI 1 diperkenalkan Xiaomi pada 2010. MiUI 1 hadir sebagai antarmuka dengan fitur dan tampilan yang cukup segar untuk smartphone Xiaomi yang berbasis sistem operasi Android.

Bermula dari Android 2.1, MIUI sangat berbeda dari antarmuka standar pada masa itu. MIUI menjanjikan pengguna lebih banyak pilihan kustomisasi, manajemen daya yang lebih baik, dan animasi yang lebih lancar.

Saat MiUI 1 dirilis, antarmuka Xiaomi tersebut sayangnya hanya tersedia untuk pasar China dan belum dirilis secara global. Di masa-masa awal kehadirannya, Xiaomi juga masih merilis sebagian kode sumber MiUI. Praktik ini berlanjut hingga tahun 2013.

MiUI 2 (2011)

MiUI 2 diperkenalkan pada 2011 sebagai penerus MiUI 1. Versi ini menawarkan antarmuka pengguna yang lebih canggih dan animasi yang lebih halus, sehingga penggunaan perangkat menjadi lebih menyenangkan.

Lewat MiUI 2, Xiaomi mulai memperluas penggunaan MiUI. MiUI 2 memungkinkan untuk dipakai di banyak perangkat. Perluasan penggunaan MiUI ini membantu Xiaomi memperlebar basis penggunanya.

MiUI 2 masih dibangun dengan berbasis Android 2.1, sama seperti MiUI 1, sehingga tidak banyak membawa perubahan pada platform utama.

MiUi 3 (2012)

MiUI 3 dirilis pada tahun 2012 dan membawa beberapa perubahan. MiUI 3 dirancang pada Android 2.3.6 Gingerbread, yang memperkenalkan beberapa perubahan signifikan pada platform Android.

Salah satu perubahan yang mencolok dari MiUI 3 adalah peningkatan kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik. Meski ada peningkatan di kinerja, tampilan MiUI 3 masih relatif mirip dengan MiUI 2. Kemiripan tampilan ini bakal berlanjut hingga MiUI 5.

MiUi 4 (2012)

MiUI 4 juga diperkenalkan pada 2012. MIUI 4 dibangun di atas Android 4.0, yang juga dikenal sebagai Ice Cream Sandwich. Hal ini memberikan pengguna berbagai fitur baru dan perbaikan pada versi sistem operasi Android tersebut.

Salah satu perubahan yang cukup mengesankan adalah pengenalan ikon-ikon baru dan bilah status transparan. Perubahan ini menyuguhkan tampilan yang lebih modern pada smartphone Xiaomi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com